manet merahTelah dicatat dalam sejarahnya bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang resmi memproklamasikan kemerdekaannya 70 tahun silam, dan telah terbebas dari penjajahan kolonial Belanda selama 3,5 abad serta Jepang selama 3 tahun. Beragam cara telah dilakukan oleh pejuang terdahulu agar Indonesia mencapai kejayaannya. Semangat darah juang akan kemerdekaan yang terus mengalir di hati para pahlawan tersebut akhirnya membuahkan suatu masa di mana seluruh bangsa Indonesia hingga saat ini tidak usah lagi menjadi tulang punggung negara lain di negeri sendiri. Dan untuk mengenang betapa sulitnya pencapaian masa kejayaan tersebut, akhirnya rakyat Indonesiapun sepakat bahwa di tangggal dan bulan yang sama setiap tahunnya, yakni setiap tanggal 17 Agustus, seluruh warga Indonesia mulai Sabang sampai Merauke melaksanakan yang namanya upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Dari sini, kami ingin menghadirkan sebuah artikel yang berjudul Batik di Hari Kemerdekaan Indonesia dengan maksud memberikan sebuah referensi terkait bagaimana menyambut hari kemerdekaan tersebut dengan memakai baju identitas bangsa Indonesia yaitu batik.

Kenapa Harus Batik di Hari Kemerdekaan Indonesia?

Sebenarnya banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk ikut serta memeriahkan hari spesial bangsa Indonesia tersebut, berbatik pun juga bukan suatu keharusan. Hal ini hanya bersifat sebagai sebuah opsi buat anda dari pada masih bingung menentukan busana untuk mengikuti upacara resmi kemerdekaan RI yang hanya diperingati sekali dalam setahun, maka lebih baik langsung saja menentukan pilihan untuk memakai baju batik di hari Kemerdekaan Indonesia.

Batik sangat populer dan identik dengan acara-acara resmi. Banyak sekali orang, atau hampir menjadi mayoritas dari berbagai kalangan yang dengan bangganya berbatik untuk acara-acara penting bagi mereka. Dengan sadarnya, hal ini mengindikasikan bahwa bangsa Indonesia ternyata amat sangat mencintai produk warisan leluhur mereka tersebut. Maka, tidak salah jika kita menggunakan batik sebagai busana yang dikenakan untuk upacara hari kemerdekaan bangsa Indonesia nanti, bahkan menjadi suatu kebanggaan bagi warga Indonesia yang memakainya.

Memakai baju Batik di Hari Kemerdekaan Indonesia bukanlah sebuah tindakan yang sulit, karena batik telah diproduksi dengan berbagai macam motif dan varian serta telah dipasarkan ke seluruh pelosok daerah di bumi nusantara ini. Batik pun juga tidak hanya dapat di desain untuk orang dewasa saja, untuk ukuran anak-anak pun batik juga sangat populer.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga informasi terkait Batik di Hari Kemerdekaan Indonesia dapat menjadi referensi buat anda untuk upacara kemerdekaan RI bulan Agustus mendatang.

Sumber :batikindonesiaonline.com

Laras