qn77-blue

Batik merupakan salah satu hasil budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Tak heran jika banyak instansi mewajibkan karyawannya mengenakan pakaian batik pada hari-hari tertentu. Baju batik yang digunakan ke kantor tentunya berbeda dengan batik untuk pergi ke acara-acara bebas di luar, sehingga bentuknya pun juga berbeda. Bagaimana memilih pakaian batik yang pas untuk ke kantor? Berikut ini tipsnya:

Perbandingan Bahan

Baju batik terdiri dari berbagai jenis kain, ada yang berbahan katun, ada juga yang berbahan kain sutra. Kain katun cenderung lebih dingin dan nyaman karena dapat menyerap udara, lagipula mudah dicuci dan disetrika. Kain sutra lebih terkesan elegan karena mengandung kemilau pada permukaan kainnya, sehingga harganya bisa sedikit lebih mahal, cara mencucinya pun perlu ekstra hati

Motif Kain

Pilihan motif perlu dipertimbangkan saat memilih busana untuk ke kantor. Jika memilih kain batik untuk ke pesta, pilih motif dan warna yang bervariasi serta tampak mencolok, beda halnya dengan pakaian kantor. Motif dan warna yang lembut serta mengandalkan sisi natural merupakan pilihan yang lebih disarankan.

Jumlah Baju

Berapa kali dalam seminggu kamu akan mengenakan baju batik ke kantor? Hal itu akan mempengaruhi jumlah baju batik yang perlu disediakan di rumah. Tak perlu terlalu banyak karena bisa melebihi budget bulanan dan membuat lemari menjadi sesak. Cukup menyediakan beberapa potong baju batik untuk variasi setiap minggunya.

Sumber : Molto

Firdayanti