Assalamu’allaikum Wr.Wb
Delapan Syarat Pakaian Wanita Muslimah-Pakaian wanita memang seyogyanya harus selalu diperhatikan. Diperhatikan di sini bukanmaksudnya selalu mengikuti trend atau apalah gaya-gaya yang berbusana yang ada sekarang. Boleh gaya asalkan itu sesuai dengan syariat Islam. Setidaknya ada delapan aturan,Yang mengikat wanita muslimah di saat ingin mengenakan pakaian :
  1. Pakaian Wanita Harus Menutupi Aurat.
    Telah berkata Aisyah .ra “Sesungguhnya, Asma’binti Abu Bakar menemui Nabi saw dengan memakai busana yang tipis” yang dimaksud dengan menutup aurat disini bukan hanya sekedar menutupi nya saja ,namun juga tidak menerawang dan tidak menampilkan bentuk/lekuk tubuh.
  2. Pakaian Wanita Tidak Boleh Terlalu Tipis
    terlalu tipis membuat pakaian terlihat menerawang dan dapat memperlihatkan bagian tubuh samar-samar dari luar,ditambah lagi apabila terkena cahaya yang akan menampilkan lebih jelas permukaan tubuh dari luar busana.
  3. Pakaian Wanita tidak boleh sempit sehingga menampakkan bentuk-bentuk tubuh.
    Pakaian wanita di sini maksudnya harus longgar. Ini sebenarnya yang banyak juga mengundang keprihatinan kita terhadap kondisi wanita-wanita sekarang ini.Pakaian yang longgar dan syar’i akan menutupi keseluruhan aurat dan tidak membentuk lekuk tubuh atau menjiblak istilah nya :)
  4. Anjuran Memakai Pakaian yang Berwarna Gelap atau yang semisalnya
    Menurut Ibnu Kathir di dalam tafsirnya pakaian wanita-wanita pada zaman Nabi saw ketika mereka keluar rumah berwarna hitam atau yang berwarna abu-abu.
  5. Pakaian yang digunakan Tidak boleh disemprotkan parfum.
    Hal ini dikarenakan parfum diperuntukkan untuk pria di saat keluar rumah. Dilarangnya wanita untuk memakai parfum di saat keluar rumah adalah karena Islam sangat menjaga harkat dan martabat Wanita.Selain itu, larangan memakai parfum bagi wanita juga untuk menghindarkan wanita dari pengaruh fitnah yang memakai bau-bauan ketika keluar rumah sehingga lelaki mencium baunya disifatkan oleh Rasulullah saw sebagai zaniyah, yakni pelacur atau penzina.
  6. Pakaian Wanita tidak boleh menyerupai pakaian pria.sesungguh nya mengguanakan celana adalah dasar pakaian pria.sebab celana awa\l nya hanya di peruntukkan untuk pria bukan wanita.tidak ada wanita yang mengguanakan celana ada zama rasullulah.
  7. Pakaian itu bukanlah libasu sh-shuhrah, yakni pakaian untuk bermegah-megah.
    pakaian berfungsi untuk menutupi aurat,bukan untuk pamer atau Riya..Allah swt sangat membenci sikap Riya dan sombong.pakaian bukan ajang untuk memperlihatkan ekonomi gaya hidup
  8. Pakaian tersebut tidak terdapat gambar makhluk bernyawa (manusia dan hewan)
    Gambar makhluk juga termasuk perhiasan. Jadi, hal ini sudah termasuk dalam larangan bertabaruj sebagaimana yang disebutkan dalam syarat kedua di atas. Ada pula dalil lain yang mendukung hal ini.
demikian lah bgmn layak nya muslimah berpakaian yang sesuai dan dapat memahami cara-cara yang baik nya :)
semoga bermanfaat
sumber:gayabusanamuslim.blogspot.com
kunjungi link kami di : rumahmadani.com
by : tika
 hf-hpkiif-gs80