10471478_595580177243415_361258956529104234_nassalamu’allaikum wr.wb

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak darinya’.” (An-Nur [24] : 31)

cara melatih anak berjilbab sejak dini

sebagai orang tua kelak kita menginginkan anak kita menjadi anak yang soleh dan solehah,menjadikan anak kelak memiliki jiwa muslim dan muslimah sejati harus di ajar kan sejak dini.

Selaku orangtua, kita merasa bahagia manakala kita menyaksikan putri-putri kita berjilbab. Karena, walaupun bagaimana, orangtua akan dimintai pertanggung jawaban prihal pendidikan anaknya, dan salah satunya adalah masalah jilbab ini. maka perlu adanya usaha orangtua untuk membiasakan anak berjilbab sejak dini. Karena, metode seperti ini ternyata sangat efektif dalam mendidik anak berjilbab.

berikut beberapa cara mudah mengajarkan anak berjilbab:

1.kenalkan sejak dini

Mungkin sebagian dari orangtua menginginkan anaknya untuk menggunakan jilbab. Namun, Anda juga harus mengenalkan kepadanya sejak kecil. Kenalkan pakaian pada anak kita bahkan sejak dini dengan pakaian-pakaian muslim, jilbab dan kerudung bahkan sejak bayi. Kenakan jilbab anak pada anak anak kita bahkan mulai umur 1 tahun, Apalagi sekarang sudah banyak model model jilbab anak yang sederhana dan kalau di pakai anak kita lebih kelihatan lucu dan imut. Sekarang sudah banyak model jilbab anak yang lucu dan menarik

2.pakaikan baju dan jilbab yang nyaman

Agar si anak nyaman saat berpakaian tertutup, sebaiknya Anda memilihkan bahan yan tepat untuk jilbab dan pakaian. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan sesuaikan juga dengan gerak-gerik si anak. Misalnya, si anak yang aktif sebaiknya dipakaikan pakaian dan jilbab yang berbahan kaos.

3.pilihkan model yang sederhana namun menarik

Ketahuilah bahwa anak-anak tidak suka yang ribet. Untuk itu, pilihlah gaya berjilbab yang sederhana saja untuknya. Misalnya, jilbab instan dan baju terusan panjang atau busana muslim dua potong. Pilih dengan warna atau motif yang menarik  kesukaan si anak agar dia mau memakainya. Selain warna, biarlah si anak yang memilih corak atau tokoh kartun yang disukainya.

4.memberikan pujian

Ketika si anak sudah merasa nyaman mengenakan jilbab, tak ada salahnya Anda memuji penampilannya dengan berkata, “Kamu cantik sekali.” Cara tersebut tentunya bisa mendukung psikologisnya. Jika si anak sudah merasa senang, maka Anda juga bisa mengajarkan bahwa ada manfaat yang bisa didapat dengan berjilbab. Anak umur 1,5 tahun pun tahu kalau dia pakai jilbab atau kerudung kemudian kita puji “dede cantik deh….”…terus dia jawab “ddede antikkk…naa..”

5.memberikan pengarahan

Ketika sudah memuji dirinya, Anda pun perlu memberikan pengarahan untuknya. Ajak anak untuk mengetahui lebih dalam mengenai kewajiban berjilbab bagi muslimah sesuai dengan usianya. Bila anak sudah menjelang baligh, kita perlu menyampaikan kepada mereka dalil-dalil wajibnya jilbab dan kerudung sehingga mereka kuat berpegang pada hukum.  Bukan melakukan sesuatu yang sifatnya dogma semata.

Kesulitan yang kita alami dalam proses pembiasaan anak mengenakan jilbab, insya Allah kelak akan berbuah manis di hadapan Rabb kita.  Mengajarkan anak mengenakan jilbab, akan menjadi ilmu bermanfaat.  Selama anak kita berjilbab, pahalanya akan terus mengalir, sekalipun kita sudah berselimut tanah di dalam kubur.  Insya Allah.

itulah cara cerdas membiasakan anak berjilbab. Menanamkan nilai agama atau hal positif lainnya sejak si anak kecil tentunya sangat bermanfaat bagi dirinya kelak. Bagaimana, Anda mau mulai membiasakan anak untuk memakai jilbab?

sekian info nya ,ontuk melihat koleksi jilbab nya klik rumahmadani.com

wasssalamu’allaiku

sumber:sentragrosirjilbab

by tika