tuneeca-theatrical-monarch-part3-2-350x245

Salah satu yang paling mendasar dari cara berbusana yang baik dan pantas adalah bentuk tubuh. Tapi jangan menyesali bentuk tubuh Anda, karena bagaimana pun Tuhan menciptakan manusia dengan potensi jiwa, akal, nafsu, dan kepribadian yang paling sempurna. Sementara itu, bentuk tubuh memang diciptakan beraneka ragam.

Dengan mengenal bentuk tubuh, seseorang biasanya mampu memilih beragam busana yang lebih pantas dikenakan karena berhasil mengeliminir kekurangannya dan memindahkan perhatian orang dengan membuat eye catching ke tempat yang lain yang netral. Misalnya ke bagian wajah, tangan, ujung gaun, atau bahkan ke ujung kaki. Berikut adalah pembagian bentuk tubuh tersebut dan tuntunan membuat eye catching untuk mengurangi kekurangan bentuk tubuh Anda. Selamat mencoba, dan semoga tampil lebih baik.

Di masyarakat sendiri berkembang empat macam bentuk tubuh. Bagaimana mengetahui bentuk tubuh kita? Untuk itu, berdirilah di depan cermin dengan pakaian senam. Bentuk tubuh ideal adalah jika panjang kaki (dari pangkal paha sampai telapak kaki) dua kali panjang tubuh bagian atas (dari leher sampai pinggul).

Bentuk Segitiga Terbalik
Bentuk tubuh ini dicirikan oleh bahu yang lebar, dada besar dan penuh, pinggang dan pinggul rata, pangkal lengan besar. Tubuh seperti ini berkesan besar dan berat. Untuk itu, hindarilah pemakaian baju dengan bantalan bahu yang tebal; epolet atau jahitan pas bahu; hiasan/ornamen sekitar dada, seperti saku dengan jahit tindas; jaket pendek sepinggang. Sebaiknya, gunakan pakaian dengan leher bentuk V; lengan raglan; garis pinggang turun; hiasan/ornamen dipindahkan di sekitar manset atau ujung bawah rok.

Bentuk Persegi Panjang
Bentuk tubuh ini dicirikan oleh bentuk yang seimbang antara bahu dan pinggul, tapi mempunyai pinggang yang lebar. Untuk wanita dengan bentuk tubuh seperti ini hindari busana yang ketat dan ikat pinggang/jaket pendek. Sebaiknya pilih busana yang longgar, jaket atau blazer yang menutup pinggul, tunik panjang dan pergunakan garis prinses.

Bentuk Jam Pasir atau Bentuk X
Wanita yang mempunyai bentuk tubuh ini memiliki bahu dan dada yang besar, pinggang yang kecil, dan pinggul yang juga besar. Dalam masyarakat bentuk ini yang paling ideal dan kerap disebut bentuk tubuh gitar atau seksi. Untuk menghindarkan pandangan orang dari bagian tubuh kita yang berlebihan, hendaknya hindari busana dengan potongan sambung di dada atau di pinggul, hiasan pada bahu dan pinggul, dan hindari rok yang dikerutkan. Anjuran untuk tubuh ini adalah setelan dengan siluet yang lurus, bahan pakaian yang lembut dan berat, dan tunik panjang melebihi pinggul.

Bentuk Lingkaran atau Bulat
Bentuk tubuh seperti ini biasanya dipunyai oleh wanita yang sudah berusia dan sekaligus gemuk. Mereka mempunyai bahu, dada, pinggang, dan pinggul besar, torso yang pendek dengan perut yang menonjol. Dengan bentuk tubuh seperti ini seorang wanita agak kesulitan dalam memilih dan mengikuti trend busana, tapi tetap ada yang bisa dipilih untuk bentuk tubuh seperti ini. Misalnya: tunik/blouse panjang dan longgar; bahan pakaian/tekstil yang bermotif garis kecil vertikal; dan warna busana yang cenderung medium dan gelap. Tentu banyak yang harus dijaga dan dihindari dari cara berpakaian untuk bentuk badan seperti ini. Misalnya jangan sekalipun memakai ikat pinggang dan hindari tekstil yang ada teksturnya seperti berpita, berbulu, atau smok. Semoga artikel ini bermanfaat ^_^

Sumber : Artikel Republika
** Susan Rumah Madani **