kl-08Assalamu’allaikum wr.wb

Dewasa ini, memilih baju dan busana muslim terbaru bisa dikatakan susah. Pasalnya, modernitas dan keanekaragaman busana muslim membuat banyak muslimah harus selektif dalam menentukan mana yang sesuai dengan kaidah dan diperbolehkan dalam ajaran islam. Salah satu bukti sulitnya memilih busana muslim terbaik adalah saat fenomena jilboobs merebak di Indonesia. Di mana banyak kritik seputar pemilihan baju yang seharusnya tidak dipilih oleh muslim tetapi tersedia di pasar dan dikenakan oleh muslimah. Ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan saat memilih baju dan busana muslim terbaru. Di antara pertimbangan tersebut akan kami bahas dalam artikel ini sebagai pedoman dan cara memilih baju muslim yang baik. Simak.

Bahan baju

Hal pertama yang bisa langsung dilihat ketika pertama kali melihat sebuah baju adalah bahan yang digunakan. Kecuali jika Anda membeli barang secara Online, maka pemilihan bahan ini harus dilakukan dengan terlebih dulu menyentuh dan mencoba baju dan busana tersebut di tangan. Apakah tipis atau menunjukkan lekuk tubuh atau tidak ketika dikenakan. Akan sangat baik jika Anda memilih bahan yang tidak tipis, tidak membentuk lekuk tubuh saat digunakan. Dan ketika Anda membeli secara Online, pastikan untuk bertanya terlebih dulu kepada penjualnya mengenai bahan. Agar tidak kecewa ketika barang sudah datang.

Ukuran baju dan busana

Selain bahan, pertimbangan lain yang harus dilakukan ketika memilih baju dan busana muslim modern terbaru adalah ukuran dari bajunya. Membeli baju yang ukurannya sedikit lebih besar dari pada ukuran tubuh itu penting. Supaya apa yang Anda kenakan tidak melekat di tubuh dan mencetak jelas lekuk tubuh Anda. Maka dari itu, saat membeli baju dan busana muslim, hendaknya Anda mencobanya terlebih dulu di kamar pas agar tahu berapa ukurannya. Soal pembelian Online, Anda bisa mengukur lingkar perut, panjang tubuh dengan meteran, kemudian menyesuaikan dengan ukuran yang diinformasikan pada gambar baju yang dijual secara Online.

Modern dan syar’i

Meskipun ingin tampil modern, Anda tetap tidak bisa meninggalkan kaidah baju yang menutupi aurat dalam islam. Akan sangat baik jika tampilan Anda tetap syar’i dan menunjukkan keanggunan. Toh sekarang sangat mudah mencari baju-baju dengan nuansa modern yang tidak menunjukkan lekuk tubuh sekaligus bisa tetap syar’i. Anda bisa melihat beberapa koleksi gambar untuk memilih mana yang tepat dan sesuai dengan usia.

wassallamu’allaikum

by : tika