ab1106Saat musim hujan seperti ini membuat udara menjadi lembab sehingga mengakibatkan lemari pakaian yang terbuat dari partikel board (serpihan kayu yang dicampur lem dan dicetak menjadi papan) menjadi berjamur. Karena kelembaban udara yang tinggi di musim hujan, partikel board dengan pelapis dari kertas menjadi media tumbuh jamur yang bagus. Parahnya jamur ini tidak akan hilang walaupun sudah dibersihkan berkali-kali!!

 Nah ..berikut ini adalah tips efektif untuk menghilangkan jamur yang tumbuh pada lemari pakaian:

  1. Membuka jendela kamar setiap hari, gunanya untuk sedikit mengusir hawa kamar yang lembab yang dapat memudahkan jamur untuk tumbuh. Bisa juga menggunakan  media kipas anginjika cahaya matahari tidak terlalu banyak masuk.
  2. Meletakkan sebuah alas papan kayu dibawah lemari yang bertujuan untuk menahan hawalembab yang berasal dari lantai kamar.
  3. Mengoleskan alkohol pada lemari, caranya : Ambil kain bekas kemudian basahi kain tersebut dengan alkohol yang berkadar 70-80% secukupnya saja. Setelah itu bersihkan jamur yang menempel pada lemari yang berjamur dengan kain tersebut sampai benar-benar bersih. Tunggu  sampai kering. Fungsi alkohol tersebut selain untuk membersihkan jamur, juga sekaligus mematikan jamur, danalkohol akan cepat menguap sehingga kayu lemari tidak lembab. Setelah benar-benar kering ulangi kembali seperti cara yang diatas, jika masih ada jamur yang tumbuh ulangi kembali sampai jamur didalam lemari hilang. Setelah jamurnya hilang berikan beberapa kamper atau kapur barus disudut lemari khususnya pada bagian dalam dimana tempat baju-baju diletakan.
  4. Dan jika penggunaan alkohol tidak mampu melawan tumbuhnya jamur, Anda dapat menggunakan bahan pelapis bening atau tidak berwarna seperti melamin atau pernis untuk menutupi media tumbuhnya jamur. Biasanya bahan ini sebagai pelapis terakhir mebelair yang dipelistur. Anda dapat bertanya langsung ke beberapa toko bahan bangunan. Cara penggunannya : Melamin diencerkan dengan tinner dan dicampur hardener yang sudah disertakan. Cairan pelapis itu dapat digunakan dengan kuas atau semprotan. Aduk rata, lalu cat lemari. Sebaiknya pengecetan dilakukan diluar rumah, karena tiner bisa membuat mata menjadi pedih. Setelah kering lemari bisa digunakan kembali sesuai fungsinya. Sekaleng melamin sekilo dapat untuk melapisi lemari, meja belajar dan pintu. Foilla!! Hasilnya warna asli tetap terjaga dan bertambah kinclong bahkan menjadi kedap air karena sudah dilapisi melamin. Lebih penting lagi mebelair dari partikel board bebas jamur.
  1. Atau dapat juga menggunakan bahan penyerap lembab dan bau yang dapat dibeli dipasaran. Caranya : Letakkan bahan-bahan tersebut didalam lemari atau di dalam kamar agar bisa menyerap air yang ada diudara. Dan cara ini adalah favorit saya karena hasilnya dapat terlihat pada air yang terkumpul pada wadah.
  2. Lembab juga terjadi pada ruangan/kamar dengan pencahayaan yang kurang. Disarankan untuk menggunakan penerangan lampu TL jika kamar Anda benar-benar kekurangan cahaya karena lampu jenis TL cukup membantu mengusir jamur karena efek ultravioletnya.

Udah pada tau kan sekarang gimana caranya mengusir jamur pada lemari pakaian, nunggu apa lagi, yuk cus bersihkan lemari kita dari jamur.

Semoga postingan saya kali ini bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil !!

sumber : rofiqoaulia.blogspot.com

Arwa