ab1110-1112Banyak wanita yang malas berolahraga karena sangat menguras tenaga. Padahal tidak selalu demikian, menurut instruktur olahraga, Lisa Namuri. Lisa mengatakan bahwa olahraga tidak harus latihan fisik yang berat tapi bisa dengan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan.

Untuk mengajak para wanita lebih aktif berolahraga, Lisa merilis buku yang menunjukkan bahwa latihan fisik itu bisa dilakukan di mana saja termasuk saat naik kendaraan umum. Akan tetapi perlu diperhatikan busananya untuk melakukan hal tersebut. Ia pun memberikan tips memilih busana yang membuat Anda lebih bebas bergerak.

1. Bahan
Seperti dikutip dari buku berjudul ‘Lisa’s Movement’ itu, pilihlah material yang nyaman dan menyerap keringat. Material yang fleksibel akan membuat tubuh lebih bebas bergerak. Lisa menyarankan agar memakai bahan katun atau lycra. Bahan tersebut juga dapat dikombinasikan dengan rompi, syal, atau cardigan untuk tampil stylish.

2. Tidak Ketat
Busana yang ketat di tubuh tidak membuat Anda nyaman beraktivitas. Jika busana tampak ketat, siasati dengan model kerudung atau tambahan outerwear seperti cape. Anda bisa menambahkan syal yang tak hanya berguna sebagai aksesori dan menutupi lekuk dada tapi juga akan membuat tubuh lebih hangat terutama di musim hujan atau dingin.

3. Kerudung
Untuk kerudungnya, hindari material yang licin seperti satin atau sutera. Wanita lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menyarankan agar memilih gaya jilbab turban atau topi yang bisa dipadukan dengan ciput ninja sebagai pengganti kerudung. Hindari menggunakan banyak jarum atau peniti yang bisa melukai Anda. Hal serupa juga disarankan oleh desainer muda sekaligus ikon hijabers Indonesia, Dian Pelangi.

“Kalau bisa tidak pakai jarum sama sekali karena bisa melukai diri sendiri atau orang lain,” tutur Dian ketika berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu.

4. Pilih Warna Favorit
Pilih busana sesuai warna favorit Anda. Hal ini berguna untuk membangkitkan semangat Anda ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Jika tidak nyaman menggunakan sepatu olahraga, Anda tetap bisa menggunakan high heels atau wedges. Untuk memicu semangat berolahraga tidak harus diawali dengan latihan yang berat, cukup melakukan hal-hal yang disukai sehingga Anda menjadi lebih aktif bergerak.

5. Pastikan Busana Sudah Nyaman
Untuk memastikan Anda mudah bergerak dengan busana tersebut, wanita yang sudah 16 tahun menjadi instruktur olahraga itu menyarankan agar memutar tubuh, mengangkat tangan ke atas, serta berlari ringan. Cara ini untuk memastikan baju dan celana Anda sudah nyaman. Tak hanya itu, jika sudah tersenyum lebar di depan cermin itu tandanya busana yang dipakai sudah sesuai dengan keinginan Anda.

sumber wolipop.com

Arwa