t-0115067Terkadang kita kesal mendapati bau tidak sedap pada lemari baik itu lemari yang masih baru ataupun lemari yang sudah berumur. Hal ini kadang berimbas pada pakaian yang kita simpan di dalamnya, ikut berbau tak sedap. Bau tidak enak pada pakaian seperti bau lemari, bau apek, dan bau-bau tidak enak dan sedap di hidung lainnya memang mengganggu aktifitas kita.

Sering kali juga kita tak perhatian pada pakaian kita sendiri. Begitu kotor atau bersih langsung saja ditumpuk di sudut ruangan. Atau mungkin Anda mencuci pakaian lalu memasukkan ke dalam lemari tanpa mengeceknya? Hal itu juga dapat membuat pakaian Anda berjamur. Udara segar sangat baik untuk pakaian Anda. jangan lupa bahwa pakaian juga perlu bernafas seperti Anda. Untuk menjaga pakaian selalu “sehat” serta lemari anda tanpa bau apek, simak tips berikut ini:

  1. Kalau lemari masih baru, taruh tembakau dalam wadah lalu masukkan ke dalam lemari selama sehari semalam secara perlahan bau apek itu akan hilang. Keluarkan tembakau tersebut baru kita simpan pakaian didalamnya.
  2. Ambil kuntum bunga melati yang masih kuncup, lalu taruh ke dalam botol terbuka/mangkuk kecil. Masukkan kedalam lemari, pasti akan tercium bau wangi semerbak. Dan jangan lupa gantilah dengan yang baru bila bunga sudah layu.
  3. Basahi sedikit kapas dengan parfum, lalu tempatkan dalam wadah terbuka di lemari, wanginya nanti akan terasa samar-samar pada pakaian. Basahi lagi kapas dengan parfum jika sudah tidak wangi lagi.
  4. Taruh irisan sabun wangi dalam sebuah mangkuk atau toples kecil yang terbuka lalu tempatkan dalam lemari. Agar menarik anda bisa membentuk sabun itu menjadi kotak-kotak, bulatan atau bentuk hiasan lain sesuai dengan yang anda inginkan.
  5. Saat Mencuci Pakaian. bilas denga cairan Pewangi dan Pelembut Pakaian. Biasanya berbentuk cairan kental yang digunakan untuk membilas pakaian setelah dicuci untuk membuat pakaian menjadi lebih lembut dan memiliki keharuman yang wangi dan tahan lama.
  6. Saat mengangkat jemuran. Pakaian yang masih dingin atau belum kering benar jangan tumpuk dengan yang bersih.  Pakaian yang belum kering tadi bisa menimbulkan bau apek pada baju itu sendiri dan baju lain.
  7. Hindari mensetrika pakaian yang belum kering benar. Pakaian basah yang terkena panas setrika biasanya menimbulkan bau yang tak enak. Bau panas yang berlebihan dan bisa merusak baju. Jika pakaian seperti ini Anda simpan di lemari, otomatis pakaian itu akan menularkan bau apek di lemari Anda. Pada saat anda menyetrika baju anda bisa menyemprotkan cairan Pelicin dan Pengharum Pakaian untuk melicinkan dan mengharumkan pakaian yang anda seterika.
  8. Sebelum Anda menyimpan baju ke dalam lemari. Pastikan pakaian Anda itu dalam keadaan bersih dan benar-benar kering. Ini adalah hal yang wajib Anda lakukan.
  9. Semprotkan Parfum ke baju yang mau disimpan maka baju pun jadi harum. Namun jangan terlalu banyak karena mungkin saja dapat merusak bahan pakaian atau baunya terlalu kuat sehingga dapat mengganggu konsentrasi anda dan orang lain di sekitar anda berada. Jika anda terlalu aktif sehingga pakaian menjadi agak basah dan lembab dapat membuat bau harum pakaian menjadi aneh dan kurang sedap.
  10. Berikan ruang bernapas bagi koleksi baju Anda. Jika Anda akan menyimpannya dalam waktu yang lama masukkan saja dalam kardus atau plastik yang telah Anda lubangi agar udara bisa keluar masuk. Lemari yang paling rapi dan baik bagi pakaian adalah yang terbuat dari kayu. Kita tak perlu menyiapkan lobang khusus untuk baju bernapas.
  11. Perhatikan suhu ruangan tempat penyimpanan baju. Jangan menyimpan kardus berisi baju di ruang dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Jika kondisi ruang terlalu lembab, aroma pakaian Anda pun dipastikan akan apek.
  12. Noda makanan atau keringat dari baju yang tersimpan dalam lemari bisa menimbulkan ngengat. Biasa ngengat senang sekali membuat lubang di pakaian Anda. Jika tak ingin pakaian kesayangan Anda di makan ngengat periksa ulang lemari Anda. keluarkan pakaian kotor dan bersihkan.
  13. Bubuhkan kamper dalam lemari Anda. Selain berkhasiat untuk mengusir ngengat, kamper juga bermanfaat untuk menambah aroma segar dalam lemari Anda. Tapi ingat jangan lupa menggantinya saat habis.

sumber : ujebesemah.blogdetik.com

Arwa