m3291Memilih model busana muslimah secara umum dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu :

  • Bentuk Badan
    Bentuk badan dapat dikelompokan pada bentuk badan gemuk tinggi, gemuk pendek, kurus tinggi, kurus pendek dan langsing. Untuk orang yang termasuk kelompok gemuk, termasuk gemuk pendek, umumnya ingin tampak lebih kecil dan tinggi dari realita yang ada. Bagi mereka yang menginginkan seperti itu sebaiknya memilih busana model lengan licin (tanpa kerut), bagian blus atau bagian atas busana dipilih model yang sederhana, tanpa draperi, renda-renda, kerutan, rok pilihlah yang tanpa kerut, tanpa lipit keliling, atau tanpa rok model payung atau model yang dikembangkan.
    Sebaliknya mereka yang kurus dan ingin tampak berisi, pilihlah model blus yang memakai draperi, kerutan, renda-renda, lengan dari yang licin sampai yang berkerut, berlipit, rok dari yang berlipit sedikit sampai lipit keliling atau rok berkerut dan yang dikembangkan atau rok payung
  • Usia
    Berbusana hendaknya sesuai dengan usia, seperti disesuaikan dengan usia bayi, anak-anak, remaja dan dewasa. Khusus untuk remaja atau awal dewasa dengan berbusana muslimah, dapat menyesuaikan dengan trend mode dan tetap modis. Model yang dipilih dapat berupa jenis rok payung sampai mata kaki dengan tidak terlihat bagian betis, dan blus yang menutup sampai ke bagian panggul dengan tidak ketat. Blus dapat pula dipadukan dengan celana panjang atau tunik (blus panjang di bawah panggul atau lebih). Di samping itu dapat pula memilih bebe tidak ketat atau gamis.
  • Warna Kulit
    Warna kulit dapat dikelompokan menjadi warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang dan hitam. Warna kulit putih dan kuning langsat umumnya lebih mudah dipadukan dengan warna yang manapun. Akan tetapi untuk warna kulit sawo matang dan hitam sebaiknya agak berhati-hati, karena tidak semua warna serasi dipadukan. Warna-warna yang hitam atau mengarah ke hitam, warna-warna mencolok, atau warna terlalu kontras dengan kulit hitam biasanya kurang serasi. Orang-orang yang mempunyai warna kulit hitam atau sawo matang dapat memilih warna-warna yang tidak terlalu gelap dan juga tidak mencolok.
  • Waktu
    Waktu pemakaian kadang-kadang menentukan serasi tidaknya busana itu dipakai. Berkaitan dengan waktu dapat dipilah menjadi pagi, siang, sore dan malam. Busana untuk dipakai padi sampai siang hendaknya dipilih warna yang terang, tetapi tidak mencolok, warna yang redup sampai yang gelap. Untuk malam hari dapat mempergunakan warna yang mencolok, berkilau, warna perak atau emas, dan warna gelap dengan aksen tertentu yang mencolok. Semoga bermanfaat ^_^

Sumber : Artikel Pusat Muslimah
** Susan RumahMadani **