ab1101Dalam menjahit baju, adakalanya baju yang kita jahit terkena noda minyak, baik minyak dari mesin ataupun minyak dari keringat yang keluar dari telapak tangan kita (karena pada dasarnya keringat kita mengandung minyak). Ada beberapa jenis bahan yang sangat sensitif terhadap minyak, seperti bahan shantung, bahan tuton, bahan angelin silk atau baby silk, dll.

Ada satu cara untuk menghilangkan noda minyak tersebut, yaitu dengan ditaburi bedak bayi. Bedaknya tidak perlu yang bermerk mahal, cukup dengan baby talc “jadul” yang murah meriah, tidak lebih dari 5000 rupiah.

Dengan menaburkan bedak bayi pada pakaian bahan yang terkena noda minyak, lalu diamkan beberapa saat, bisa sampai beberapa jam, tergantung kondisi noda, Insya Alloh noda minyak akan hilang.

Tapi…dengan catatan : Bahan yang terkena noda minyak itu belum terkena gosokan (belum digosok). Jadi, begitu bahan tersebut kena minyak, jangan digosok dulu ! melainkan langsung ditaburi bedak saja. Kalau sudah terlanjur digosok, berarti noda minyak akan sulit / tidak akan hilang hanya dengan menaburkan bedak bayi, tetapi harus dicuci dulu. Bahkan untuk mencucinya juga terkadang menggunakan sabun mandi (sabun mandi lebih mudah untuk menghilangkan noda minyak atau lemak dibanding detergent).

Arwa

sumber : rumahjahithaifa.com

Advertisements