Gamis merupakan pakab4037baian muslim wanita yang berasal dari bangsa Timur Tengah (Arab). Jenis busana ini didesain dengan model panjang  dan longgar menutupi seluruh badan mulai dari dada sampai mata kaki. Untuk mempercantik busana gamis biasanya ditambahkan hiasan berupa bordir, renda, atau aplikasi manik-manik dari bebatuan alam. Busana ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna dan jenisnya pun juga sangat beragam seperti gamis Maroko, gamis kaftan, gamis corak India, gamis modern, dan bahkan gamis batik khas Indonesia. Selain jenisnya, bahan kain yang digunakan untuk gamis juga sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

 

Kain satin

Kain satin dapat dikatakan sebagai versi sintesis dari kain sutra yang dibuat dari serat buatan seperti polyester. Salah satu ciri yang paling mencolok dari kain satin adalah permukaannya yang licin dan mengkilap dibagian luar. Bahan satin banyak dipilih untuk membuat gamis terutama gamis pesta karena memberikan kesan glamour, feminim dan anggun kepada penggunanya.

Kain Katun

Kain katun merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas dan banyak dipilih sebagai bahan pakaian karena memiliki banyak keunggulan diantaranya kainnya terasa dingin, mudah menyerap keringat, nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, tidak mudah kusut, warnanya tidak luntur, dan haranya relatif terjangkau. Sayangnya bahan ini agak sedikit kaku dan rentan terhadap jamur. az-gsk17-montenlava

Kain sutra cin

Kain sutra cina merupakan kain yang dibuat dari sutra yang ditenun secara sederhana. Kain ini memiliki karakteristik ringan meski cukup tebal, sangat lembut dengan permukaan polos dan tidak miliki tekstur. Umumnya bahan ini diproduksi dengan lebar 1.2 meter, namun terdapat pula kain sutra cina yang lebarnya 1.5 meter.

Kain Shantung

Kain shantung atau kain rayon yang dikenal dengan sifat kaku namun cukup lembut, halus dan juga dingin. Bahan ini pada umumnya digunakan untuk pembuatan batik cap dan batik printing, yang diimplementasikan kedalam bentuk bahan sarung pantai, baju tidur, daster, kaos pantai, baju batik dan gamis.

Kain Jetblack

Kain jetblack merupakan jenis kain yang memiliki permukaan polos dengan karakteristik ringan, lembut, dingin, dan tidak transparan. Jenis kain ini umumnya diproduksi dengan lebar 1.15 meter dan hanya tersedia dalam satu warna saja yaitu warna hitam.

Kain Serena

Kain serena merupakan jenis kain yang memiliki tekstur lembut dan padat dengan berat jenis sekitar 0.21 kg/m2 sehingga nyaman dipakai dan dikenal memiliki karakter lembut dan dingin.

sumber: fitinline.com

by

meta