Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mendapati noda-noda yang menyebalkan di pakaian. Sebut saja: noda tinta, noda cat rambut, noda keringat, noda lipstick, atau bahkan noda semen!
Di tips yang lalu pernah kita bahas tentang bagaimana menghilangkan noda darah pada kain dan noda minyak/makanan/minuman pada sofa. Kali ini Anda dapat menemukan cara-cara mengatasi berbagai macam noda dalam satu artikel.

zaqiya-khalila

Noda Lipstick. Anda dapat menggunakan mentega. Caranya? Basahi kain bersih kemudian olesi sedikit mentega. Sapukan pada bagian yang ternoda. Lalu cuci seperti biasa. Anda juga dapat menggunakan airan penghilang noda, ammonia, hairspray ataupun make-up remover.

Noda Foundation. Bagi Anda yang gemar berdandan, hati-hati dengan make-up dan baju Anda. Salah-salah penampilan Anda bukan jadi menarik malah sebaliknya. Untuk mengatasi noda foundation pada baju Anda, bubuhi tissue dengan make-up remover kemudian tepuk-tepukkan pada area yang terkena noda. Lalu cuci dengan tangan. Tak perlu disikat.

Noda Cat Rambut. Bagi Anda penggemar mewarnai cat rambut, kadangkala kecelakaan kecil terjadi. Baju Anda ternoda oleh cat rambut! Malapetaka? Belum tentu Rendam baju Anda ke dalam air panas yang telah dicampur dengan 5% sodium dithiorite (biasa digunakan sebagai reducing Agent yang kuat dalam beberapa formula bleaching). Setelah itu cuci seperti biasa. Bila nodanya terkena kulit, bubuhkan sedikit abu rokok pada sehelai kain yang sudah dibasahi. Kemudian gosokkan pada kulit yang terkena noda cat rambut.

zq-malika

Terbakar Rokok. Bagi Anda yang merokok, tak heran kalau baju Anda sering terpercik abu panas dari rokok Anda dan bolong. Coba tips ini: rendam secarik kain dalam air beroksigen, kemudian letakkan pada tempat yang terkena abu panas tadi. Kemudian cucilah dengan cairan pemutih dan air hangat.

Noda Tinta.

Ada beberapa cara yang dapat menolong Anda menghilangkan noda tinta:

– Rendam bagian yang terkena noda dalam cairan susu.

-Air jeruk lemon yang telah ditambahkan garam juga dapat menghilangkan noda tinta.

– Untuk baju putih, Anda dapat menggunakan alkohol. Untuk baju berwarna, gunakan air yang dicampur dengan cuka beralkohol.

– Semprotkan hairspray pada area yang ternoda kemudian lap dengan kain. Ulangi sampai noda benar-benar hilang.

Noda Tinta Printer. Rendam pakaian yang ternoda ke dalam air hangat yang dicampuri cuka. Biarkan sesaat kemudian kucek dan cuci seperti biasa.

Noda Cat. Kupas cat yang tertempel di baju Anda dengan menggunakan benda tumpul (jangan menggunakan pisau atau cutter karena dapat merobek baju Anda).

sumber: solusiputihalami.blogspot.com

by

-meta-