ab1104Merawat pakaian memang gampang-gampang susah. Kalau pakaian kotor, tinggal dicuci saja. Namun, ada kalanya kita menemukan beberapa noda yang sulit dihilangkan. Berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda jika pakaian kesayangan terkena noda.

Noda Luntur

Jika pakaian kesayangan kelunturan warna pakaian lain, maka Anda dapat merendamnya ke dalam larutan asam cuka yang dicampur dengan deterjen selama 30 menit.

Noda Tinta

Untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian, pertama-tama rendamlah pakaian dalam air biasa selama 15 menit. Ambil sabun colek, oleskan pada bagian yang ternoda, lalu kucek sampai noda hilang. Pakaian pun bebas noda tinta.

Noda Minyak

Jangan khawatir jika pakaian Anda terkena noda minyak! Ada cara mudah untuk menghilangkan nodanya, yaitu dengan menaburkan bedak pada bagian yang ternoda. Setelah itu, kucek pakaian seperti saat mencuci, lalu cuci pakaian seperti biasa dengan sabun/ deterjen. Anda juga bisa memakai bensin atau minyak tanah sebelum menggunakan bedak.

Noda Getah

Pada bagian yang terkena noda, teteskan 2 atau 3 tetes minyak tanah, lalu rendam pakaian dalam air beberapa saat. Setelah itu, oleskan sabun deterjen pada bagian ternoda, lalu gosok perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Jika getah sudah hilang, maka pakaian dapat dicuci seperti biasa.

Noda Teh dan Kopi

Jika bahan pakaian yang ternoda berasal dari katun atau kapas, rendamlah pakaian ke dalam larutan panas dari boraks atau asam tartaric. Namun, jika bahan pakaian berasal dari sutera, wol, atau sintetis, maka gunakan larutan boraks hangat atau larutan ultraoksidasi edrogen (air oksigen) hangat.

Noda Lemak

Untuk pakaian berbahan katun, noda dapat dihilangkan dengan mencucinya dengan air hangat yang dicampur sodium. Sedangkan untuk pakaian berbahan sutera atau sintetis, noda lemak dapat dihilangkan dengan bensin dan bedak. Caranya usap bagian bernoda dengan kain yang dicelupkan dalam bensin, lalu taburkan bedak, sikat dengan lembut. Ulangi proses sampai noda hilang.

Noda Keringat

Untuk bahan pakaian katun putih, gunakan larutan penghilang warna untuk menghilangkan noda keringat. Namun, jika bahan pakaian berwarna atau dari sutera, gunakan air oksigen yang dicampur dengan amonia.

Noda Darah

Untuk pakaian yang boleh dicuci, gunakan larutan penghilang warna untuk pakaian berwarna putih dan larutan boraks hangat untuk yang berwarna-warni. Sedangkan untuk pakaian yang tidak boleh dicuci, Anda dapat menghilangkan noda dengan adonan amonia, sikat lembut, dan ulangi proses sampai noda hilang.

Noda Buah-Buahan

Noda bisa lenyap dengan larutan penghilang warna atau larutan boraks yang telah dididihkan selama 5 menit.

Noda Susu

Noda susu akan hilang jika Anda meletakkan bagian ternoda di atas sebongkah es, tunggu sampai noda susu membeku, lalu hilangkan. Jika masih berbekas, maka hilangkan dengan cuka asam.

Noda Cat

Rendamlah pakaian yang terkena cat dalam kerosin, lalu hilangkan sisa noda yang membandel dengan bensin.

Semoga bermanfaat
Arwa

sumber wpfashion.blogspot.com