ab4054abc

             Aktivitas menyusui bayi merupakan moment yang membahagiakan bagi ibu dan juga bayinya. Meskipun kelihatannya mudah, namun ibu menyusui sangat membutuhkan kenyamanan dan ketenangan saat menyusui bayinya karena kenyamanan dan ketenangan saat menyusui dapat membantu kesuksesan ibu dalam menyusui bayinya. Kenyamanan dalam hal ini terkait dengan tempat, posisi, bahkan pakaian yang digunakan oleh sang ibu. Lalu, adakah hal-hal khusus yang harus diperhatikan selama menyusui agar kenyamanan ibu menyusui bisa terwujud?

Memang banyak hal yang harus diperhatikan untuk mewujudkan kenyamanan saat menyusui. Namun, salah satu yang terpenting adalah pakaian yang dikenakan saat menyusui. Mungkin sebagian besar orang tidak mempermasalahkan mengenai pakaian khusus untuk ibu menyusui, namun mereka harus menyadari bahwa pakaian sangat berpengaruh pada kenyamanan ibu saat menyusui. Lalu, adakah tips berpakaian bagi ibu menyusui?

Pada umumnya, tidak ada patokan khusus mengenai pakaian ibu menyusui, hanya saja sebaiknya kita lebih memperhatikan kepada kebutuhan ibu saat menyusui, misalnya: pakaian ibu menyusui biasanya terdiri dari baju dalam yang berupa bra dan baju luar. Untuk ibu menyusui, biasanya terdapat bra khusus menyusui, yaitu bra yang terdiri dari dua lapis. Untuk memudahkan ibu menyusui bayinya, biasanya pada bra khusus tersebut memiliki lubang di bagian puting susu. Hal itu berguna untuk memudahkan ibu dalam mengeluarkan putingnya saat menyusui tanpa harus menurunkan karet branya.

         Yang terpenting dari ab4068tips berpakaian bagi ibu menyusui selanjutnya adalah model pakaian. Pada dasarnya model pakaian ibu menyusui tidak ada bedanya dengan pakaian lainnya, namun ada syarat khusus untuk pakaian ibu menyusui, misalnya: harus mudah dibuka, bentuknya lebih lebar agar ibu menyusui merasa nyaman, pemilihan bahan pakaian yang mudah menyerap keringat, namun yang terpenting lagi adalah harus terdapat resleting di bagian putingnya agar memudahkan ibu dalam menyusui.

Dalam pemilihan resleting pun, harus diperhatikan kualitasnya. Pilihlah yang anti macet agar ibu menyusui lebih mudah saat membuka dan menutupnya. Selain bahan, model, dan ukuran pakaian, ibu menyusui juga harus memperhatikan motif dan warna pakaian. Disarankan kepada ibu menyusui untuk menghindari motif pakaian yang terlalu ramai dan terlalu banyak manik-manik karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Sedangkan untuk warna pakaian sendiri, Anda bisa memilih warna cerah namun lembut agar bayi merasa nyaman saat melihat pakaian ibunya. Selain itu, menggunakan pakaian dengan warna-warna cerah, akan lebih menarik perhatian bayi dan menstimulasi bayi untuk mengenal berbagai macam warna.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, saat ini banyak sekali toko offline maupun online yang sudah mulai memiliki produk baju untuk ibu menyusui. Anda tinggal menyesuaikan dengan ukuran tubuh Anda dan tentu saja budget Anda.

sumber: artikelduniawanita.com

by

meta