af-prayers-blackMasalah baju anak sebetulnya masalah yang gampang-gampang susah. Moms tidak perlu susah-susah mencari pakaian anak yang ideal, selama si kecil juga dilibatkan dalam proses memilih baju yang disukainya. Selama ini banyak orangtua yang melakukan kesalahan dalam memilih baju anak dengan menganggap bahwa si kecil adalah mini me atau versi mini mereka. Anak bukanlah tiruan orang tua; mereka memliki kepribadian, cara berpikir, sifat, dan kesukaan sendiri. Jika moms memilihkan pakaian untuk si kecil dengan model dan corak yang sama dengan pakaian yang moms punya, mereka harus berhenti melakukan hal itu. Anak harus diberikan kebebasan dalam menentukan jenis baju apa yang mereka sukai bukan jenis baju yang dipilihkan oleh ibu.

Memang peran ibu sangat besar ketika memilihkan baju ketika anak masih bayi. Tapi saat anak beranjak besar, mereka sudah bisa memilih dan mengetahui baju anak mana yang sesuai dengan mereka. Ketika si upik lebih suka memakai celana dibandingkan rok, misalnya, biarkanlah dia bebas berekspresi.

Percayalah, ketika si kecil tidak suka dengan baju yang dipilihkan ibu, baju itu akan lebih sering tergeletak dan tersimpan di lemari ketimbang dipakai. Daripada moms menghabiskan uang untuk membeli baju yang pada akhirnya tidak akan terpakai, lebih baik mereka juga bertanya pada si kecil tentang baju kesukaan mereka.

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan ketika hendak memilih dan membeli baju anak untuk buah hatinya :

  • Selalu ajak mereka. Si kecil berhak memberikan pendapat karena toh baju tersebut akan dipakai olehnya. Dengarkan pendapatnya juga. Ketika dia tidak suka dengan model tertentu – meskipun model itu sangat lucu dan menggemaskan – jangan paksa dia untuk mengenakannya.
  • Perbanyak baju santai. Bagi si kecil, masalah baju bukanlah masalah penting. Mereka lebih suka bermain dan bergerak ke sana-sini dengan bebas. Mereka tidak akan ribut masalah apakah mereka punya baju pesta, baju pergi, atau tetek bengek semacamnya. Mereka mungkin lebih nyaman dengan memakai kaos atau singlet dan celana pendek sepanjang hari.
  • Pilih bahan yang nyaman. Anak kecil cenderung aktif dan suka bergerak dengan bebas. Pastikan moms memilih bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Pastikan juga baju tersebut tidak panas, tidak gerah, dan tidak kasar. Jangan sampai anak mendapatkan masalah ruam atau iritasi kulit karena salah memilih bahan baju.
Yang paling penting dalam memilih baju anak adalah memilih bahan yang nyaman dan model yang simple. Hindari penggunaan aksesori yang berlebihan, seperti pita yang terlalu panjang, rantai-rantai, atau semacamnya. Semoga bermanfaat untuk para ibu :)

Sumber : Artikel itc mangga dua
** Susan Rumah Madani **