t-0614009

  • Semua pria dan wanita mempunyai celana jeans dalam lemari mereka baik hanya satu maupun lebih dari tiga. Dahulu, celana jeans diproduksi untuk para pekerja kasar seperti penambang batu bara untuk melindungi diri mereka karena pekerjaan yang cukup berisiko. Bahkan orang yang menggunakan jeans tahun 1890-an dianggap rendahan.  Seiring berjalannya waktu, jeans mulai dipakai oleh para pecinta motor hingga aktris Hollywood. Sejak saat itulah, jeans semakin berkembang dan menjadi tren sepanjang masa karena hampir semua orang senang memakainya. Wanita yang sudah berjilbab pun masih banyak yang tidak bisa meninggalkan celana jeans. Bahkan beberapa dari mereka terutama yang berusia muda masih senang menggunakan skinny jeans.
  • Para hijabers muda berusaha memadukan skinny jeans dengan atasan yang panjang tapi tetap stylish. Namun sebagian dari mereka tetap menggunakan busana seperti biasa seperti sebelum mengenakan jilbab dalam arti tidak terlalu memperhatikan potongan atasannya. Hal tersebut kemudian menjadi perbincangan, celana jeans berpotongan lebar dapat diterapkan hijabers karena tidak ketat di tubuh. Lalu bagaimana dengan skinny jeans? Desainer busana muslim yang namanya semakin populer di 2014, Windri Widiesta Dhari, mengatakan skinny jeans sebenarnya kurang sesuai dengan kaidah. “Sebenarnya nggak apa-apa pakai celana jeans tapi jangan yang ketat, pilihlah yang komprang agar nggak membentuk tubuh,” tutur pemilik label ‘NurZahra’ itu kepada Wolipop saat berbincang di kantornya beberapa waktu lalu, kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.
  • Meskipun demikian aktris yang berhijab sejak 2008 lalu itu menuturkan kalau semua akan berproses. Ia pun mengaku dulu saat baru berjilbab masih sering mengenakan celana jeans yang ketat. Seiring berjalannya waktu, penampilannya berubah menjadi lebih syar’i tanpa harus memaksakan diri. “Kaidahnya sudah jelas nggak ketat kalau mau pakai celana kulot. Tapi hidup kita itu berproses ya, dulu saya juga sering pakai jeans. Lalu saya bergaul, banyak membaca, nanti juga ada jalannya. Misalnya orang nyuruh saya, kalau datang ke acara kita pakai gamis bukannya meminta nggak pakai jeans. Ternyata setelah pakai gamis ternyata lebih nyaman,” papar Meyda saat ditemui Wolipop mengenakan terusan maksi warna hijau muda polos di kawasan Jakarta Pusat.
  • Lain halnya dengan penuturan dari desainer cantik, Jenahara Nasution, yang mengatakan kalau celana jeans masih wajar dipakai terutama untuk wanita muda. Namun perlu diperhatikan cara memadupadankannya supaya tidak terlihat ketat. Wanita dengan sapaan akrab Jehan itu mengatakan kalau semua kembali kepada pilihan masing-masing.Senada dengan putri Ida Royani itu, desainer muda yang selalu konsisten dengan warna pastel, Ria Miranda, menuturkan bahwa skinny jeans wajar saja dipakai oleh hijabers karena setiap wanita butuh proses untuk berpenampilan syar’i. Akan tetapi sebagai seorang wanita yang sudah konsisten berjilbab perlu memperhatikan potongan atasannya. “Celana jeans itu nggak apa-apa dipakai selama atasannya longgar dan panjang,”.

    Sumber : Artikel wolipop
    *** Susan Rumah Madani ***

Advertisements