qn74-pinkBelanja merupakan hobi bagi beberapa wanita yang berduit tentunya, karena hobi ini tergolong mahal. Namun, bagaimana dengan yang berada dalam kondisi pas-pasan?! Belum lagi, serangan krisis yang seolah memaksa kita untuk mengetatkan ikat pinggang pengeluaran.Jangan khawatir! Kita masih bisa berbelanja pakaian baru kok, asal kita tahu bagaimana menyiasati pengeluaran itu. Yaitu dengan mencermati beberapa Tips Belanja Fashion Yang Efektif dan Tidak Boros pada Artikel Fashion kali ini.

Mulailah dari lemari Anda. Maksudnya?! Bersihkan, rapikan, dan sortirlah koleksi pakaian yang Anda miliki. Jika ada pakaian yang kekecilan, jangan ragu untuk ‘melemparkannya’ pada orang lain atau menyumbangkannya pada panti asuhan.

Mulailah mengatur keuangan Anda dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk kegiatan ‘memanjakan diri’ tersebut. Anda bisa menentukan peraturan bagi diri sendiri untuk berbelanja sekali sebulan untuk urusan fashion. Jangan melanggar dari ketetapan maupun dana yang sudah Anda anggarkan! Ini akan membuat keuangan Anda morat-marit.

Namun, jika penghasilan Anda hampir tak bersisa, maka Anda bisa menerapkan sistem menabung untuk berbelanja. Kumpulkan sedikit demi sedikit uang ke dalam ‘tabungan fashion’ Anda, dan dalam jangka waktu tertentu, misal 3 atau 4 bulan, Anda bisa berbelanja dengan dana yang terkumpul.

Berbelanjalah seorang diri. Selain menghindarkan Anda untuk berbelanja secara brutal, karena teman mengatakan “Yang ungu, pink, dan kuning ini semuanya cocok untukmu. Ambil saja semua. Toh, harganya jadi lebih murah jika ketiganya diambil”, cara ini juga akan membuat Anda lebih fokus pada busana atau aksesoris incaran.

Ada gunanya juga jika kita memiliki relasi yang baik dengan toko atau butik langganan, sehingga saat ada gelaran diskon, maka kita menjadi orang yang masuk dalam daftar pemberitahuan mereka. So, be friendly with everybody, coz you’ll never know what will you get!

Lakukan tes kecil pada busana atau aksesoris yang akan Anda beli. Apakah barang tersebut bisa digunakan untuk 5 penampilan berbeda? Jika tidak maka sebaiknya Anda berpikir lagi sebelum membelinya, karena bila jawabnya tidak, maka kemungkinan besar, barang tersebut bakal jarang Anda kenakan.

Jangan mudah tergiur dengan label murah. Tak semua barang murah berkualitas bagus, demikian juga sebaliknya. Dan, tak semua busana murah memiliki kesan eye catchy yang menawan. Lebih baik Anda memilih busana atau aksesoris yang mampu memberikan kesan kuat pada penampilan Anda.

Belilah yang benar-benar Anda sukai. Ada begitu banyak pilihan busana dan aksesoris di luar sana. Namun, Anda disarankan untuk membawa pulang hanya yang benar-benar Anda sukai.

Arwa

sumber wpfashion.blogspot.com