Banyak orang yang menjadikan berbelanja sebagai kebutuhan dan bukan kewajiban, akibatnya hobby belanja pun tak bisa dihilangkan, bagi setiap orang belanja dapat memiliki arti yang berbeda, ada yang menganggap belanja hanya sebagai aktivitas untuk membeli segala kebutuhan sehari-hari tetapi juga ada yang menganggap belanja sebagai panggilan jiwa untuk memuaskan dirinya, mereka inilah yang disebut dengan shopaholic, yaitu seseorang yang tidak bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang menarik perhatiannya atau bisa juga disebut dengan seseorang yang gila belanja.

Kegiatan berbelanja ini memang tidak hanya bisa dilakukan secara langsung, tetapi juga bisa dilakukan secara online, anda hanya perlu memesan barang yang diinginkan, mentransfer sejumlah uang dan tinggal menunggu barang sampai, dengan adanya kemajuan teknologi inilah yang membuat sebagian orang yang sibuk menjadi terbantu, tetapi juga banyak dampak buruk yang ditimbulkan, seperti kecenderungan untuk menjadi shopaholic akan lebih besar dan juga dampak negatif seperti penipuan, ada baiknya jika anda mengetahui tips aman sebelum berbelanja secara online, yaitu:

Jangan tergoda barang murahpn-gm0747-merah
Memang banyak yang menawakan barang yang bagus dengan harga yang murah, tetapi anda tidak boleh tergoda karena kualitas barang tentu saja bisa disesuaikan dengan harganya, banyak tawaran berbelanja murah yang datang dari email, biasanya mereka meminta ID dan juga password, anda harus berhati-hati dengan hal tersebut, karena itu merupakan kerjaan dari spammer, akan lebih baik jika anda berbelanja secara online melalui website, bukan melalui email maupun jendela pop-up.

Belanja Melalui Website Resmi
Banyak website resmi yang menjual barang-barang bagus dan juga terpercaya, tetapi tak jarang pula website penipuan, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahuinya, yaitu:

  • Kebijakan pengembalian barang, harus ada garansi bahwa barang yang anda beli nantinya boleh di kembalikan jika ada kecacatan secara fisik, karena konsumen tidak bisa melihat barang secara langsung.
  • Penipuan secara online tidak akan pernah memposting nomor rekening bank sendiri, biasanya menggunakan nomor rekening orang lain atau pinjaman.
  • Website memiliki ranking yang rendah, anda bisa mengetahuinya dari google pagerank.
  • Gambar yang digunakan tidak asli, banyak yang mengambil dari internet.

Selain beberapa hal tersebut masih banyak lagi cara yang bisa anda gunakan untuk belanja secara aman melalui online. Dengan mengetahui kiat aman berbelanja secara online maka anda akan terhindar dari penipuan, penipuan itu juga banyak bentuknya seperti menggunakan data pribadi anda untuk mengkomersial kan produk mereka, ataupun barang yang nantinya anda dapat tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan, meskipun begitu juga banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan berbelanja secara online, yaitu:

  • Mudah, anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke pusat perbelanjaan hanya untuk membeli barang yang belum tentu anda sukai, karena pilihannya terbatas, sedangkan di toko online anda bisa mengunjungi website satu ke website yang lain dan membeli barang yang anda sukai.
  • Banyak pilihan, dengan banyaknya website yang menjual berbagai macam barang anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan tanpa takut kehabisan barang.
  • Hemat waktu, tidak semua orang bisa menemukan barang yang cocok hanya dengan waktu yang sedikit, tak jarang anda sudah berkeliling tetapi tidak ada barang yang sesuai, sehingga waktu yang anda gunakan sia-sia.
  • Penawaran harga, sebelum anda membeli maka bisa membandingkan harga dari satu website ke website yang lain, carilah harga yang menarik.
  • Privasi, sebagian besar dari anda pasti tidak ingin memperlihatkan barang belanjaan kepada yang lain, maka belanja online ini menjadi pilihan yang tepat.

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa di dapatkan tak heran banyak yang lebih menyukai belanja secara online daripada belanja secara langsung, sebagai smart shoppers anda juga harus mampu mengelola keuangan dengan baik, jangan terlalu boros hanya untuk belanja, perhatikan pula kebutuhan yang lain. Pilihlah barang yang anda benar-benar memerlukannya dan hindari barang-barang yang sebenarnya anda tidak atau belum memerlukannya.

Sumber : Artikel shopious
** Susan Rumah Madani **