q159Baju hamil merupakan salah satu hal yang perlu anda siapkan menjelang dan selama masa kehamilan anda.Hal ini sangat penting untuk anda lakukan karena saat hamil anda akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang sangat drastis terutama pada bagian perut anda. Anda akan mengalami peningkatan berat badan seiring dengan semakin bertambah besarnya ukuran janin yang sedang anda kandung, sehingga anda perlu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan anda tersebut. Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan bentuk dan kondisi tubuh anda dan salah satunya adalah dengan mempersiapkan baju yang sesuai dengan ukuran tubuh anda saat anda sedang hamil. Hal ini ditujukan agar anda dan janin yang sedang anda kandung tetap dapat merasa nyaman selama masa kehamilan anda.

Baju hamil menyesuaikan dengan perubahan bentuk tubuh ibu hamil

Selain itu, saat hamil anda juga mungkin akan merasakan penurunan rasa percaya diri karena anda tidak lagi memiliki bentuk tubuh yang ideal yang selama ini anda miliki saat sebelum hamil, terlebih saat usia kehamilan anda semakin tua. Saat usia kehamilan anda masih pada trimester pertama mungkin anda belum akan merasakan perubahan tubuh yang signifikan sehingga anda masih akan dapat mengenakan pakaian-pakaian lama anda. namun ketika usia kandungan anda mulai memasuki masa trimester kedua, anda akan mulai merasakan bahwa perut anda semakin hari semakin membesar dan pakaian lama yang biasa anda kenakan sudah tidak nyaman lagi anda rasakan di badan anda. anda mungkin akan merasakan sesak, tidak bebas bergerak, atau tekanan di dareah perut. Selain itu, anda juga akan merasa bahwa pakaian-pakaian lama anda tersebut sudah tidak cocok lagi anda kenakan di tubuh anda yang semakin membesar. Sehingga, pada saat-saat inilah anda dapat mulai memilih baju hamil untuk anda kenakan baik pada keseharian anda maupun untuk menghadiri acara-acara tertentu.

Baju hamil untuk bepergian

Untuk dapat memilih baju hamil yang nyaman serta tetap modis, maka anda perlu memperhatikan bebrapa hal berikut. Pertama, karena perubahan tubuh yang akan anda alami saat hamil ini hanya bersifat sementara, maka anda tidak perlu membeli terlalu banyak baju hamil. Anda cukup membeli seperlunya saja.Selain untuk menghemat budget anda, anda juga dapat berbelanja dengan lebih efektif dan efisien.Kemudian, yang perlu anda lakukan berikutnya adalah memilih baju yang tidak melulu bertema daster. Jika anda terpaku pada jenis baju yang semacam ini, maka anda justru akan terkesan kaku. Anda dapat memilih baju jenis apapun, yang penting anda merasa nyaman, khususnya untuk bagian perut anda sehingga anda tetap dapat tampil modis selama masa kehamilan anda.Selain itu, untuk lebih mempercantik penampilan anda, jangan ragu untuk menambahkan aksesories pada pakaian anda misalnya seperti selendang, syal, bandana, anting, kalung, gelang dan masih banyak lagi.

Baju hamil untuk di rumah

Untuk baju harian anda, anda juga tidak perlu menghabiskan budget anda untuk membeli baju hamil yang baru, anda dapat mengenakan baju suami anda seperti kemeja, kaos, celana pendek atau celana jerseynya karena biasanya laki-laki memiliki ukuran baju di atas wanita. Anda juga dapat meminjam daster rumahan milik ibu anda sehingga anda tetap dapat merasa nyaman dengan kehamilan anda.kemudian, yang tidak kalah penting adalah anda harus memperhatikan bahan baju yang akan anda kenakan. Usahakan untuk memilih baju yang berbahan dingin karena selama hamil anda akan mudah sekali merasa gerah. Intinya  apapun jenis baju yang anda pakai, anda harus tetap merasa nyaman  dan percaya diri sehingga anda akan tetap tampil menarik dengan baju hamil anda.

Arwa (^^)

sumber bidanku.com