Masyarakat Indonesia, tidak terkecuali kaum muslim, dewasa ini semakin religius. Dari sekian banyak indikasi yang ada, salah satunya adanya semakin maraknya kaum muslimin dan muslimin untuk selalu mengenakan busana muslim, baik dalam hidup keseharian atau untuk acara formal / tertentu.

f-ssgk327-unguTidak hanya di pedesaan, di perkotaan pun kegairahan seperti ini sangat jamak terlihat. Tidak memandang status sosial: Baik kaya atau miskin mereka tetap bersemangat untuk mengenakan busana muslim, tentunya lengkap dengan kerudung atau jilbab yang menutupi bagian kepala, kecuali muka. Busana yang mereka kenakan semakin variatif dan menarik, namun dengan tidak meninggalkan prinsip syar’i, yaitu longgar (tidak ketat) dan tidak tembus pandang.

Bagi seorang muslim yang kreatif, tentunya kita melihat adanya peluang disini. Yaitu, peluang untuk berbisnis busana muslim. Kita bisa menjadi penjual,baik grosir maupun eceran, berbagai macam baju muslim yang ada. Bahkan kita bisa menjadi produsen busana muslim. Dari semakin tingginya kesadaran para muslimah untuk senantiasa tampil syar’i, terbuka peluang untuk melakukan bisnis yang berkaitan dengan hal ini.

Lantas, bagaimana memulainya? Tidak terlalu sulit apabila niat kita sudah bulat. Mulailah bertanya kesana kemarin dimana dan bagaimana bisa mendapatkan baju muslim dengan harga pabrik. Di media internet, informasi semacam ini sangat banyak tersedia.

Setelah mendapat baju muslim yang akan dijual, langkah berikutnya adalah menyediakan lokasi atau tempat berjualan. Ini bisa kita lakukan apakah dengan menyewa sebuah tempat dipinggir jalan, areal pasar, atau didalam sebuah mal. Bisa juga kita membuka gerai toko kita di ruang tamu atau garasi rumah.

Khusus untuk yang berencana membuka toko di pinggir jalan, mulailah untuk lebih membuka mata disepanjang jalan yang sering kita lalui. Sesekali jalankan motor atau mobil Anda secara lebih pelan, dan amati apakah ada ruko yang sedang dikontrakkan, atau di oper kontrak. Kalau ada nomor telpon yang bisa dihubungi, segera telpon dan tanyakan berapa harga sewanya. Jangan takut untuk melakukan telpon. Walaupun kita memang hanya sekedar tanya saja dan belum berniat menyewa, tetap usahakan untuk menelpon.

Membaca berbagai majalah muslim juga bisa menambah pengetahuan kita untuk memulai bisnis busana muslim. Disana biasanya terdapat banyak iklan produsen busana muslim – seperti Rumahmadani – yang menawarkan baju dagangannya. Dari sekian banyak merek yang diiklankan disana, tentunya akan semakin memudahkan kita menentukan pilihan, bisnis baju muslim yang seperti apakah yang ingin kita kelola dan kembangkan.

Sumber : Muslimbusana

Firdayanti