n-zahara-merahbataJilbab saat ini memiliki banyak model serta penggunaan bahan yang bervariasi, seperti bahan spandek, ceruti, rayon, dan yang lainnya. Lalu agar jilbab yang kita miliki dapat awet serta tahan lama, maka kita perlu mengetahui perawatan yang benar. Berikut ini adalah tips cara merawat jilbab bahan spandek agar awet serta tetap terlihat bagus…

  1. Jilbab bahan spandek sebaiknya jangan direndam terlalu lama, cukup direndam selama kurang lebih 20 menit. Proses rendaman pada detergen yang terlalu lama bisa membuat warna jilbab cepat pudar, selain juga akan merusak serat bahan.
  2. Pada saat mencuci pisahkan jilbab berwarna putih dengan jilbab yang memiliki warna kuat seperti merah, biru, hijau, atau hitam, Hal ini untuk mengantisipasi apabila ada yang luntur. Pisahkan juga jilbab yang sangat kotor dengan yang tidak begitu kotor, karena apabila dicampur bisa membuat kotoran yang ada saling menyebar. 
  3. Hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci jilbab bahan spandek, sebab penggunaan mesin cuci dapat membuat jilbab menjadi melar dan mudah berbulu. Hal ini disebabkan pada saat mesin cuci berputar, jilbab akan menerima beban tarik-ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.
  4. Jangan membersikan jilbab bahan spandek dengan menggunakan sikat, pada saat proses mencuci. Karena hal itu akan membuat jilbab bahan spandek cepat melar dan pori-pori kaos menjadi kasar.
  5. Gunakanlah pewangi/pelembut pakaian. Hal ini Agar jilbab tetap terasa nyaman dan wangi pada saat dipakai, pewangi/pelembut pakaian juga dapat menjaga kelembutan tekstur bahan.
  6. Pada proses penjemuran, jemurlah dengan terbalik. Hindari mengeringkan jilbab dengan mesin pengering yang ada dalam mesin cuci. dan jangan menggunakan hanger pada saat menjemur, karena hal itu akan membuat jilbab bahan spandek menjadi cepat melar.
  7. Terakhir adalah proses menyetrika jilbab berbahan spandek. Setrika-lah dengan cara dibalik terlebih dahulu agar warnanya tetap cerah. Atur temperatur yang ada pada setrikaan (jangan menggunakan temperatur yang terlalu panas). Temperatur yang terlalu panas dapat cepat memudarkan warna pada bahan kaos.

Semoga tips merawat jilbab bahan spandek ini bisa bermanfaat serta membuat jilbab kita menjadi awet dan tetap terlihat bagus…

Semoga bermanfaat
Arwa (^^)

sumber tipshijab.mywapblog.com