Baju koko, sejak dahulu, identik hanya dengan perayaan-perayaan keagamaan. Pria menggunakan baju koko hanya pada saat shalat tarawih, shalat ied, maupun menghadiri pengajian-pengajian. Namun, seiring dengan beragamnya model baju koko yang ditawarkan produsen pakaian, semakin banyak pula para pria yang mengenakan baju koko untuk beragam kesempatan.

mw-416Baju koko sekarang dapat digunakan untuk setiap kesempatan, dimulai dari acara keagamaan, pertemuan-pertemuan formal, hingga penggunaan sehari-hari—ke kantor ataupun pertemuan informal.

Pergeseran model baju muslim koko saat ini sangatlah kentara. Jika dulu model yang ditawarkan para produsen sangat “kaku” sehingga agak sulit bagi para pria untuk mengenakannya di luar acara-acara keagamaan, namun saat ini model yang ditawarkan sangatlah beragam dan lebih santai, sehingga baju koko bisa menjadi pilihan berbusana para pria sehari-hari.

Jika dulu bahan dan warna yang ditawarkan hanya seputar katun putih polos ataupun dengan sedikit ornamen, saat ini baju koko yang beredar di pasaran didominasi dengan bahan dan corak yang sangat beragam. Jika di pertengahan tahun 2000-an baju koko di dominasi dengan warna putih dan krem, saat ini banyak terlihat baju koko berwarna biru tua, abu-abu, bahkan hitam dan menggunakan banyak ornamen, seperti bordir ataupun aplikasi bahan lain.

Tips Memilih dan Merawat Baju Koko

Kendati begitu, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memilih baju koko, yaitu:

  1. Pilih warna dan bahan yang sesuai dengan karakter Anda
  2. Pilih bahan yang nyaman (sejenis katun), terutama jika penggunaannya lebih sering untuk harian.

Sementara itu, untuk perawatan baju koko bisa dibilang tidak terlalu sulit, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Biasakan memisahkan baju koko berwarna putih dengan baju koko berwarna.
  2. Kucek sekadarnya, jangan digilas dengan mesin cuci terlalu keras.
  3. Gunakan kamper barus guna menghindari ngengat di dalam lemari yang dapat menimbulkan jamur.
  4. Jangan menggunakan plastik ketika menyimpan baju di dalam lemari, sehingga panasnya udara di dalam plastik dapat menimbulkan warna kekuningan pada pakaian.

Selamat berburu baju koko.

Sumber: blog.ranti

Firdayanti