ab1103Pemilihan bahan dasar untuk membuat kaos itu penting, tanpa mengetahui bahan terbaik apa yang digunakan untuk membuat kaos, kita akan mendapatkan kekecewaan pada akhirnya.

Berikut ini beberapa bahan terbaik yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda dalam membeli kaos, antara lain :

  • Bahan Cotton (Katun)
    Bahan kaos yang paling populer. Terbuat dari serat kapas. Sifat bahan tidak panas dan mampu menyerap keringat sehingga banyak disukai untuk bahan kaos. Cotton sendiri terdiri dari dua jenis.
    Cotton Carded, Bahan Cotton yang terbuat dari serat benang biasa (kurang halus) sehingga jika dilihat lebih dekat hasil rajutan dan penampilan bahan menjadi kurang merata.
    Cotton Combed, Bahan Cotton yang terbuat dari serat yang lebih halus jadi hasil rajutan dan penampilan bahan menjadi lebih merata.
  • Bahan TC (Teteron Cotton)
    Bahan ini terbuat dari campuran Cotton dan Polyester. Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali. Harganya yang lebih murah dibanding bahan Cotton juga membuatnya banyak diminati.
  • Bahan Polyester (PE)
    Bahan ini terbuat dari serat sintetis/buatan dari hasil olahan minyak bumi. Karena itu jenis kaos berbahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas jika dipakai. Bahan ini tidak begitu populer digunakan.
  • Bahan Hyget
    Jenis bahan yang terbuat dari plastik dan lebih tipis dibandingkan PE. Bahan ini harganya sangat murah sehingga banyak dijadikan sebagai kaos kampanye partai politik. Tapi ada juga bahan Hyget yang lebih bagus atau yang lebih populer disebut HS (Hyget Super). Biasanya bahan ini digunakan sebagai bahan kaos bola. Sebagai catatan, untuk kaos bola memang sebaiknya dipilih bahan yang tidak menyerap keringat. Karena jika bahan tersebut menyerap keringat akan lebih berat dipakai ketika sedang berkeringat dan juga sulit keringnya sehingga akan tetap basah oleh keringat. Karena keringat ini bisa menjadi sarang bakteri/jamur, kulit kita juga akan mudah terserang penyakit kulit.
  • Bahan Lacoste
    Lacoste adalah sebutan populer untuk bahan berkerah (polo shirt). Lacoste sebenarnya bukanlah jenis bahan kaos tetapi merek kaos yang banyak menggunakan bahan ini. Nama bahan yang sebenarnya adalah Cotton Pique (CP). Bahan ini memiliki ciri pori-pori kain yang bercorak.
  • Bahan Dry Fit
    Ada juga yang menyebutnya Serena. Bahan yang disebut sebagian orang paling cocok untuk bahan kaos bola. Bahan ini tipis tapi cukup kuat. Selain itu bahan ini tidak panas dan mampu mengalirkan keringat dengan baik sehingga mudah kering ketika sedang berkeringat.
  • Bahan Paragon
    Bahan untuk kaos olahraga. Secara tampilan terlihat bagus, namun bahan ini lebih berat jika dibandingkan dry fit dan kurang cepat mengering. Bahan ini lebih cocok dipakai untuk kaos basket jika dibandingkan kaos bola karena desain kaos basket yang tidak berlengan akan menutupi kekurangan bahan ini yang kurang cepat kering.

Selektiflah dalam memilih bahan dasar yang akan anda gunakan, karena nantinya akan mempengaruhi kenyaman dalam mengenakannya.

Arwa (^^)

sumber infofashionterbaru

Advertisements