zaqiya-khadija01Ada kalanya Anda merasa kehilangan motivasi diri. Tiba-tiba, nggak ada keinginan untuk mencetak prestasi atau menjadi sosok yang lebih baik, misalnya dalam karier. Saat merasa nggak bersemangat seperti ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar motivasi kembali timbul. Memang, sih, terkesan klise, tapi patut dicoba, nih….
Cek Prioritas
Apa, sih, hal terpenting dalam hidup saya? Inilah pertanyaan yang bisa membuat Anda kembali ke jalur yang benar. Buat perubahan jadwal rutinitas agar bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk hal-hal yang bisa menambah semangat. Misalnya, ngumpul dengan keluarga.
Belajar dari ketidaknyamanan
Menjadi orang yang lebih baik memang nggak mudah alias menantang, sulit, dan kurang nyaman. Anda bahkan bisa merasa sakit hati atau menderita dulu, tuh. Terutama, sih, jika melakukan permintaan maaf, gaul dengan kelompok lain, atau ganti lingkungan pekerjaan. Jika segala sesuatunya menjadi makin sulit, cobalah cari tahu hal-hal apa yang bisa dipelajari dari perubahan ini.
Target realistis
Kadang Anda berpikir harus mengejar target tinggi, misalnya menjadi pengusaha atau pembaca berita ternama. Punya mimpi, sih, boleh. Tapi, cobalah realistis dan jangan memaksakan diri untuk mencapainya dalam waktu singkat. Semuanya, kan, butuh proses. Jika uang belum terkumpul, misalnya, Anda bisa memasuki dunia bisnis dengan bergabung bersama teman dan menyumbang ide atau tenaga.
Tertawa
Terus mengejar target alias usaha memperbaiki diri bisa membuat hidup bosan. Tambahkan, deh, aktivitas menyenangkan yang bisa membuat Anda tertawa. Entah main game, menonton film komedi, atau ngobrol dengan teman yang kocak. Tertawa, tuh, bagus untuk jiwa dan bisa membuat hal-hal sulit terasa terlihat lebih mudah.

Semoga bermanfaat untuk kita semua…
Sumber : Artikel muslim
*** Susan Rumah Madani ***

Advertisements