na10Sering kesal karena harus menyetrika ulang baju yang kusut, padahal Anda baru mengambilnya dari lemari? Baju yang kembali kusut saat disimpan di lemari mungkin jadi keluhan sebagian besar wanita, khususnya ibu rumah tangga.

Kenapa? Karena menyetrika adalah pekerjaan yang memakan waktu cukup lama dan bisa menghambat persiapan ke kantor di pagi hari. Untuk mencegah pakaian kembali kusut dan berkerut, ikuti cara menyetrika dan menyimpan pakaian berikut ini.

  • Berhati-hatilah saat menyetrika pakaian. Pastikan meja setrika dalam keadaan bersih. Atur temperatur panas yang tepat untuk setiap jenis bahan pakaian yang berbeda. Misalnya, gunakan temperatur rendah untuk bahan tipis (chifon) dan tinggi untuk bahan yang tebal (wool, katun). Dikutip dari Helium, sebaiknya pisahkan pakaian yang akan disetrika berdasarkan tingkatan panasnya. Cara ini agar Anda tidak repot mengganti-ganti pengaturan panas setiap kali menyetrika. Mulailah menyetrika dari bagian kain yang paling kecil, misalnya kerah, lengan baju dan lipatan tangan. Setelah itu baru setrika bagian baju yang lebih lebar.
  • Saat menyetrika, gunakan spray pelicin pakaian. Saat ini banyak produk pelicin pakaian berkualitas bagus yang bisa menjaga pakaian tetap licin lebih lama. Semprotkan pada pakaian sesaat sebelum menyetrika, lalu gerakkan setrika seperti biasa.
  • Tips yang dilansir Ehow menyarankan untuk mengantung pakaian Anda, bukan dilipat. Menyimpan pakaian dengan cara menggantungnya menggunakan hanger akan mencegah pakaian Anda berkerut atau kusut.
  • Sebagian orang beranggap penyimpanan yang benar adalah melipat kaus dan menggantung sweater atau jaket. Tapi yang tepat justru kebalikannya. Utamakan menggantung pakaian yang bahannya lebih tipis; misalnya katun, nylon, sutera atau chifon. Sementara untuk pakaian berbahan tebal seperti sweater, jaket atau cardigan lebih aman bila dilipat. Bahan yang ringan dan tipis lebih mudah kusut dibandingkan bahan berat dan tebal. Tapi jika memungkinkan, sebaiknya gantung semua pakaian Anda.
  • Jangan menggantung pakaian terlalu berdekatan. Beri sedikit jarak atau ruang kosong untuk mencegah pakaian saling menempel dan menyebabkan kusut atau berkerut.

semoga bermanfaat

Arwa (^^)

sumber : wolipop.detik.com