jde023-merahHijab merupakan mahkota bagi kaum muslimah. Model hijab yang beragam juga dibarengi dengan bentuk wajah yang beragam pula. Dengan begitu, para hijaber bisa memilih model hijab sesuai dengan bentuk wajahnya. Tidak lain adalah untuk menyesuaikan fashion dengan syariat Islam. Cara memakai hijab untuk wajah bulat  kerap menjadi perbincangan karena banyak yang masih bingung.

Sebenarnya pada prinsipnya sama, tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya lewat bahan dan modelnya. Untuk wajah bulat sendiri lebih sulit, sebab tidak banyak model hijab yang cocok dengannya. Namun jangan khawatir, meskipun sedikit modelnya tetapi cukup mudah dilakukan. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memakai jilbab untuk wajah bulat dengan mudah.

Cara pertama, yakni model hijab menyatu di dagu. Penggunaannya cukup mudah, scraf dibentuk menjadi dua sisi sama besar. Pada bagian luar, scraf dibuat lebih lebar sekitar 10 cm. Pelebaran scraf pada bagian luar dimaksudkan agar scraf tidak menonjol ke luar hijab. Scraf diletakkan di atas ciput secara dimetris, lalu satukan kedua sisi di bawah dagu dan kaitkan menggunakan jarum pentul.

Cara kedua, yakni model hijab menyatu di tengkuk. Langkahnya sederhana, scraf diletakkan di atas ciput secara simetris. Tarik ujung jilbab kiri ke kanan, kemudian lingkarkan menuju belakang tengkuk dan ikat. Ujung jilbab lain yang sudah diikat, dilingkarkan dan disilangkan ke depan leher. Lilitkan ujung jilbab ke tepi scraf tepat di bawah kuping menggunakan jarum pentul khusus jilbab modern.

Nah, bagaimana? Cukup mudah, bukan? Kedua cara di atas merupakan model hijab yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Apabila dirasa kurang nyaman, bisa diakali dengan memilih bahan kain soft atau lembut. Selain itu, hindari penggunaan hijab yang bertumpuk-tumpuk kain, sebab hanya akan menyulitkan ketika ingin memakai atau saat memakai karena tergolong ribet.

Model hijab untuk wajah bulat yang lain adalah model hijab turki. Ciri-ciri model hijab turki adalah bagian atas hijab tidak menempel dengan dagu sehingga terkesan tidak nonong. Sedangkan untuk bagian samping dibuat lebih ke depan untuk memberi kesan pipi terlihat lebih tirus. Beragam variasi model hijab dapat Anda lakukan, sesuai dengan kemampuan dan selera model masing-masing.

Semga bermanfaat
Arwa (^^)

sumber : muslimmodis