t-0514069Dunia anak-anak adalah dunia penuh petualangan. Uniknya, semangat berpetualang itu bisa mereka ekspresikan dimana saja. Tidak harus selalu di alam bebas. Di taman bermain, di dalam kompleks perumahan, maupun di halaman belakang rumah pun tidak menjadi masalah. Tidak perlu khawatir kalau anak Anda pulang dalam keadaan kotor atau terluka akibat terjatuh saat bermain. Itu semua adalah bagian dari proses pertumbuhan mereka.

Meski begitu, kita tetap saja harus menghadapi noda membandel yang melekat di pakaian anak-anak kita. Berikut ini beberapa teknik pencucian yang efektif untuk menghilangkan noda-noda pakaian secara lebih menyeluruh.

Kenali Bahan Pakaian Anak
Pada saat akan mencuci pakaian anak, hal pertama yang harus dilakukan selain mengenali jenis noda pada pakaiannya adalah mengenali jenis kainnya.

Caranya cukup mudah yaitu dengan melihat label perawatan yang ada di dalam pakaian anak kita. Dari label itu kita dapat mengetahui apakah pakaian terbuat dari bahan katun, wol, nilon, campuran sintetis dan lain sebagainya. Pada label tersebut juga tertera beberapa simbol dasar dalam merawat pakaian. Antara lain, simbol pencucian, simbol pemakaian pemutih, simbol pengeringan, simbol menyetrika dan simbol cuci kering atau dry cleaning.

Simbol-simbol ini dapat memandu Anda dalam merawat pakaian. Misalnya, dari simbol-simbol yang tertera pada label suatu pakaian kita dapat tahu bahwa pakaian tersebut terbuat dari kain campuran katun dan sintetis sehingga pencucian harus menggunakan suhu tertentu.

Perawatan Sebelum Menggunakan Mesin Cuci
Menggunakan mesin cuci memang bukanlah hal yang baru di daerah perkotaan. Tetapi, untuk beberapa noda membandel seperti noda rumput, lumpur, darah dan tinta akan lebih efektif kalau kita mengkombinasikan keampuhan tangan kita dalam mengucek noda-noda tersebut dan kecanggihan mesin cuci yang kita miliki.

Berikut ini beberapa noda yang paling sering ditemui di baju anak-anak yang memerlukan perawatan khusus sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci :

  • Noda Tinta

Noda tinta, terutama yang permanen, memang cukup sulit untuk dihilangkan secara sempurna. Satu alternatif untuk baju putih yang terkena noda tinta adalah dengan merendam bagian yang ternoda dengan pemutih.

Untuk baju berwarna, kita juga dapat membersihkannya dengan menggunakan alkohol yang dapat dibeli di apotek atau toko obat. Alternatif lain adalah dengan menggunakan aseton, atau cairan penghilang cat kuku.

Tetapi mengingat alkohol dan aseton adalah cairan yang cukup keras dan dapat merusak serat-serat pada kain, jangan lupa untuk membilasnya bersih menggunakan air dingin setelah dikucek.

  • Noda Darah

Untuk baju yang terkena noda darah yang masih baru, Anda dapat merendam bagian yang bernoda dengan menggunakan campuran air dingin dan deterjen. Tetapi, untuk noda darah yang sudah mengering, Anda harus menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan deterjen.

  • Noda Rumput

ec-gst12-abuAnda mungkin pernah menemukan baju anak Anda terkena noda rumput yang sulit dihilangkan. Noda rumput terkadang sulit dihilangkan akibat zat hijau daun atau klorofil yang dikandung oleh rumput.

Solusinya, taburkan deterjen pada bagian yang terkena noda rumput, lalu kucek bagian tersebut menggunakan air dingin. Diamkan selama 10-15 menit kemudian cuci dengan mesin cuci.

Cara Menggunakan Mesin Cuci
Setelah selesai mengucek noda-noda pada pakaian, saatnya kita mengoperasikan mesin cuci kita. Setiap mesin cuci tentunya akan memiliki sedikit perbedaan satu sama lain. Baiknya kenali pengaturan mesin cuci kalian sebelum mengoperasikannya.

Untuk pakaian-pakaian dengan jenis bahan halus dan hanya terkena noda sedikit, cukup menggunakan siklus yang lembut atau delicates. Akan tetapi, untuk pakaian-pakaian yang noda membandelnya lebih banyak, kita dapat menggunakan pengaturan normal hingga heavy wash.

Pada saat menggunakan mesin cuci pun kita benar-benar perlu mengetahui cara mengguanakan mesin cuci kita untuk hasil pencucian yang optimal. Konsultasikan dengan manual mesin cuci masing-masing.

Demikianlah informasi mengenai cara menghilangkan noda membandel pada pakaian anak. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu Anda yang kesulitan dengan noda pakaian!

Semoa bermanfaat
Arwa (^^)

sumber infofashionterbaru