t-0214015Pakai batik untuk beragam acara, mengapa tidak? Sekarang ini sudah lumrah mengenakan pakaian batik ataupun pakaian bermotif batik untuk berbagai acara. Batik adalah busana kebanggaan dan khas Indonesia. Dulunya batik hanya dikenakan untuk acara tertentu saja dan berkesan sangat formal. Namun seiring berjalannya waktu, dunia fashion mengangkat tema batik menjadi lebih populer. Anda pasti sudah tidak asing lagi melihat para artis, bahkan artis luar negeri sekalipun mengenakan batik. Atau coba lihat di berbagai etalase toko, bermacam model batik banyak terpajang. Meski sangat populer, bukan berarti kita bisa mengenakannya sesuka hati tanpa tahu aturan. Setidaknya ada 3 pilihan acara dan batik mana yang sesuai untuk Anda kenakan:

  1. Batik untuk pesta

Wah! Kalau untuk ke pesta, batik jangan ditanya lagi. Tentu saja sangat pas! Namun tentunya bergantung acara pestanya. Untuk beberapa acara mungkin ada yang berpikir bahwa mengenakan pakaian dengan motif ramai sangatlah aneh. Tetapi kalau Anda tahu triknya, Anda bisa terlihat fashionable dan anggun. Anda bisa mengenakan batik motif klasik dengan warna dasar sedikit gelap, dengan paduan bahan satin atau sutra. Dengan begitu, penampilan Anda akan terlihat outstanding, namun tetap bercita rasa Indonesia.

  1. Batik untuk kerja

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan batik modern yang dikenakan untuk bekerja. Sesuaikan dengan kepribadian Anda! Jika Anda tidak begitu suka dengan baju batik yang feminin dan lebih cenderung tomboy, Anda bisa mengenakan batik dengan model seperti kemeja atau blazer batik, yang dipadukan dengan celana panjang ataupun rok. Namun jika Anda tipe feminin, Anda bisa mengenakan gaun batik, rok, ataupun blouse batik dengan hiasan pita, payet atau renda. Untuk pilihan warna, sesuaikan dengan kesukaan Anda, namun tentunya tidak terlihat santai. Anda bisa mengenakan batik dengan warna dasar pastel ataupun gelap.

  1. Batik untuk sehari-hari

Tidak hanya untuk acara-acara resmi seperti pesta dan bekerja, Anda tetap bisa menerapkan batik untuk acara sehari-hari. Hang out pakai batik? Ide bagus! Anda bisa memilih batik dengan motif bunga warna-warna terang yang dipadukan dengan celana jeans. Atau, untuk tampil feminin, Anda bisa memilih rok batik yang dipadupadankan bersama t-shirt polos. So chic!

So, sudah siap keluar dengan batik andalan Anda? Jika masih kurang stok batik di lemari, yuk weekend ini berburu beragam busana batik! Tampil modis ala Indonesia sekaligus semakin memperkenalkan batik pada dunia luar. Get ready!

Semoga bermanfaat (^^)
Arwa

sumber wanitaindonesia.net