u146Musim hujan begini, siapa sih yang bisa menjamin pakaian yang anda cuci bisa kering dalam hanya waktu sehari bila anda mencucinya, bukan membawanya ke laundry atau dry clean. Terkadang, karena sempitnya waktu atau kurang teliti, pakaian yang belum terlalu kering langsung saja anda gilas dengan besi panas setrikaan, berharap akan mengering dengan sendirinya. Lalu anda simpan dengan manis di lemari. Pernahkah terpikir bau pakaian yang anda paksa kering itu akan menular pada ‘teman-’temannya’ yang juga disimpan dalam lemari?

Belum lagi pakaian yang disimpan terlalu lama juga akan menimbulkan bau apek dan tak sedap. Bau disebabkan oleh jamur yang mudah tumbuh di tempat lembap. Baju yang disimpan di tempat yang jarang dibuka, apalagi terbuat dari plastik, akan mudah lembap dan mendorong tumbuhnya jamur. Dari pada boros tenaga untuk mencuci ulang baju-baju bau itu, atau boros parfum untuk menyamarkan bau, lebih baik anda perhatikan beberapa hal berikut. Sebelum anda menyimpannya, cuci bersih dan pastikan baju dalam kondisi benar-benar kering. Ini adalah hal yang paling mendasar, karena sangat menentukan kondisi aroma baju anda.

  • Pertama, beri nafas baju anda. Menyimpan buah di dalam sebuah kantung plastik, pakaian juga perlu udara. Simpan baju-baju anda di tempat berpori, misalnya kardus atau lemari dari kayu. Kalau anda ingin membungkusnya dengan plastik, tusuk-tusuk plastiknya agar udara bisa mengalir.
  • Kedua, perhatikan suhu ruangan. Simpan kardus atau wadah berisi baju yang ingin anda simpan sementara waktu di ruangan yang kering dengan tingkat kelembapan rendah. Produk anti-bau lemari jadi sia-sia jika kondisi di sekelilingnya terlalu lembap.
  • Tiga, awas ngengat! Ini hal yang penting untuk menyimpan pakaian dalam kondisi bersih dan kering. Noda makanan atau keringat akan mengundang ngengat baju yang akan membuat pakaian bisa berlubang-lubang. Tentu anda tidak ingin baju kesayangan anda jadi berlubang-lubang. Terakhir adalah vitamin lemari. Selesai dengan perawatan, jangan lupa tinggalkan kamper beberapa buah di dalam lemari baju anda. Fungsinya adalah untuk mengusir ngengat nakal tadi dan juga menyerap bau apek lemari yang tidak sedap.

* Semoga Bermanfaat *
Sumber : Artikel perempuan.com
~ Susan Rumah Madani ~