e-special27Mungkin karena terlalu sibuk dan tidak banyak waktu yang bisa dipergunakan, membuat beberapa orang terutama wanita akan lebih sering membeli baju secara mendadak dan memakainya secara langsung untuk menghadiri sebuah acara. Untuk menghilangkan bau baju baru tersebut biasanya para wanita menyemprotkan parfum yang akan membuat baju tersebut tidak kelihatan baru. Mungkin orang-orang disekitar Anda tidak akan menyadari dan tahu bahwa yang Anda kenakan adalah baju baru yang belum pernah dicuci sebelumnya. Meskipun baju baru terlihat bersih karena terbungkus rapi belum berarti baju tersebut bersih dan aman jika langsung Anda gunakan. Tahukah Anda apa saja bahaya baju baru jika langsung Anda pakai?

Baju-baju yang dijual di banyak toko dan di mall tidak menjamin sudah bersih dan terbebas dari bakteri dan kuman-kuman walaupun dalam keadaan baru. Baju yang masih baru dan belum pernah dipakai sebenarnya justru sangat membahayakan, karena terlalu lama terpapar di ruang terbuka dan sudah beberapa kali dicoba, disentuh oleh banyak orang dan resiko banyaknya kuman akan sangat besar. Bayangkan saja jika satu orang mencoba 3-4 baju, lantas berapa kali sebuah baju baru sudah dicoba ketika masih dijual?

Apakah sangat bahaya sekali memakai baju yang belum di cuci? Baju baru yang belum dicuci akan membawa bakteri yang akan membahayakan pernafasan, jamur pada kulit, membahayakan daerah kewanitaan dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa bakteri yang membawa masalah tersebut biasa ditemui di bagian leher, paha bagian atas dan juga ketiak.

Bukan hanya pada baju dan celana saja, bakteri-bakteri membahayakan tersebut juga dapat ditemui di pakaian dalam dan juga pada handuk. Maka dari itu, Anda harus lebih hati-hati dan mulai membiasakan diri untuk mencuci bersih barang yang baru Anda beli di toko sebelum Anda memakainya. Berikut tips penting yang dapat Anda lakukan ketika Anda membeli pakaian baru :

  1. Mandi dan bersihkan badan setelah berpergian.
  2. Pakai sabun antiseptic agar kuman dan bakteri tidak terlalu lama ada pada tubuh dan membuat infeksi.
  3. Cuci bersih baju yang baru Anda beli. Jangan memakainya terlebih dahulu karena akan banyak kuman yang berbahaya yang tidak bisa dilihat oleh mata. Kuman tersebut akan pindah ke tubuh Anda dan mengganggu kesehatan Anda.
  4. Rendam baju baru, terutama pakaian dalam dengan air yang telah diberi antiseptik agar kuman yang menempel hilang.

Semoga bisa bermanfaat
Arwa (^^)

sumber wanitaindonesia.net