az-kask16-abuJaman modern seperti saat ini tidak dipungkiri bahwa gadget bukanlah sebagai barang pelengkap lagi, tapi telah berubah menjadi barang primer yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari. Beberapa orang juga berpendapat bahwa sehari hidup tanpa gadget rasanya tidak lengkap.

Penggunaan gadget yang sebagian besar dioperasikan oleh orang dewasa, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan anak yang melihat bagaimana kita menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain gadget.

Anak mampu mengamati, akhirnya berujung dengan rasa penasaran akan benda dan aktivitas yang telah dia amati. Hal ini pulalah yang saat ini menjadikan gadget bukan lagi barang bagi orang dewasa namun juga digunakan oleh anak-anak.

Tentu tidak ada salahnya memperkenalkan dan memberikan gadget pada anak. Namun perlu diingat bahwa pentingnya pengawasan yang ketat. Hati-hati memberi gadget pada anak, jangan sampai anak anda terjerumus dalam bahaya yang ditimbulkan dalam penggunaan gadget tersebut.

Oleh karena itu sebaiknya Anda simak terlebih dahulu Tips Aman Memberikan Gadget Pada Anak berikut ini:

• Perkenalkan gadget yang akan anda berikan pada anak terlebih dahulu. Berikan penjelasan mengapa anda memberikan gadget, fungsi serta bagaimana harus menjaga benda tersebut.

Biasakan untuk memberikan pengertian terlebih dahulu karena hal tersebut dapat meminimalisir rasa ingin tahu anak yang berlebih terhadap benda baru.

• Berikan batasan waktu pada anak untuk menggunakan gadget. Seorang anak berusia antara 3 hingga 5 tahun, boleh saja bermain games namun durasi waktu yang diberikan jangan terlalu lama. Hati-hati memberi anak gadget, terutama waktu yang diijinkan bagi anak untuk bermain gadgetnya.
 
nf-kids16• Jangan sampai anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget. Karena dapat menyebabkan anak menjadi anti sosial atau menjadi pribadi yang individu. Anak akan menarik diri dari kegiatan sosial karena terlalu asyik bermain dengan gadgetnya.

• Berikan gadget yang sesuai dengan kebutuhan anak. Misalnya memberi telpon selular yang hanya bisa digunakan untuk menelpon atau mengirim pesan ketika anak ingin menghubungi orangtuanya.

Tidak perlu member ponsel yang terlalu canggih pada anak usia dini. Hati-hati memberi anak gadget yang terlalu canggih justru akan menimbulkan kecanduan dan ketergantungan anak terhadap benda elektronik tersebut.

Hal penting yang harus Anda perhatikan sebagai orang tua yang akan memberikan gadget pada anak adalah utamakan kebutuhannya, bukan untuk prestige.

Sumber : Shafira.com

Ernawati