Kain celup seperti batik atau sarung pantai dapat mempertahankan bau kimia dari zat pewarna. Bau yang menyengat terkadang membuat si pemakai enggan untuk mengenakan pakaian baru dan membiarkannya menggantung di lemari pakaian.

nb62-nsk18Daripada pakaian baru Anda hanya menggantung dan kemudian terlupakan, ikuti beberapa langkah sederhana untuk menghilangkan bau kimia dari zat pewarna. Kain merupakan bahan berpori jadi bau yang diserap ke dalam serat kain sudah seharusnya dapat dihilangkan. Dengan teknik yang tepat, Anda bisa menghilangkan bau pewarna pada kain.

Yang Anda butuhkan

– ember

– cuka

– deterjen

– Baking soda

Caranya:

Tips 1:

Tempatkan kain ke dalam ember yang telah diisi air bersih. Tambahkan cuka secukupnya. Rendam kain dalam larutan cuka selama 30 menit. Cuka adalah penetral bau alami yang tidak akan merusak warna pakaian baru Anda.

Tips 2:

Jika Anda memakai mesin cuci, baca dahulu label perawatan pakaian. Tambahkan 1 cangkir cuka saat pembilasan untuk menghilangkan bau pewarna kain. Kemudian, bilas lagi dengan air bersih dan tambahkan pewangi agar pakaian baru Anda semakin harum dan segar.

Tips 3:

Gantung kain atau pakaian di udara terbuka hingga kering. Biarkan pakaian kering dengan diangin-anginkan.

Tips 4:

Untuk bau pakaian yang membandel, Anda bisa menaburkan baking soda di atas permukaan kain lalu biarkan hingga semalaman. Baking soda akan menyerap bau lalu Anda bisa mencucinya seperti biasa.

Selamat tinggal bau pakaian, selamat datang pakaian yang harum dan segaarrr

Sumber : molto.co.id

Ernawati