qt48Begitu cepatnya budaya asing (seperti film,musik,mode berpakaian,mode rambut,gaya hidup atau life style,tarian,dsb) mempengaruhi remaja saat ini. Etika berpakaian pun tidak dihiraukan lagi. Padahal fungsi dari pakaian itu sendiri adalah menutup aurat. Banyak remaja yang berbusana tidak sesuai dengan waktu tempat.

Pengertian Aurat Dan Berbusana Yang Menutup Aurat

Aurat adalah bagian dari tubuh manusia yang diharamkan untuk dilihat dan dipegang. Dalam pengertian lain disebutkan bahwa Aurat merupakan suatu yang wajib ditutup atau suatu yang haram dilihat. Oleh karena itu, wanita muslim diwajibkan memakai pakaian yang menutup aurat. Syarat-syarat pakaian yang menutup aurat adalah sebagai berikut.

  • Menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
  • Tidak tipis dan tidak transparan.
  • Longgar dan tidak memperlihatkan lekuk-lekuk dan bentuk tubuh (tidak ketat)
  • Bukan pakaian laki-laki atau menyerupai pakaian laki-laki.
  • Tidak berwarna dan bermotif terlalu menyolok. Sebab pakaian yang menyolok akan mengundang perhatian laki-laki. Dengan alasan ini pula maka membunyikan (menggemerincingkan) perhiasan yang dipakai tidak diperbolehkan walaupun itu tersembunyi di balik pakaian.

Manfaat Berbusana yang Menutup Aurat

Tidak hanya untuk mempercantik diri. Namun, fungsi lain dari menutup aurat adalah menghindarkan kaum wanita dari pandangan “nakal” kaum lelaki. Seorang wanita akan lebih bisa dihargai oleh kaum pria jika menutup auratnya. Seorang lelaki normal pasti akan tertarik dengan wanita yang memamerkan keindahan tubuhnya, awalnya mereka akan sekedar memandang, bagi yang tidak kuat iman, akan ada perasaan ingin menyentuh wanita tersebut.

Allah SWT dalam surat Al Ahzab (59) berfirman : Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan Ister-isteri orang mu’min : “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dalam ayat tersebut Allah SWT mengharuskan wanita berjilbab karena untuk menjaga kehormatan wanita itu sendiri.

Semoga bermanfaat
Arwa (^^)

sumber : fiamaniezz