e-shofiya-dress-baby-blueUntuk menjaga sifon kesayangan Anda seperti masih baru diperlukan perawatan yang lebih untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui karakteristik bahan sifon agar lebih mengerti padu padan dan perawatannya. Kain sifon pada dasarnya bersifat transparan dan tidak menyerap keringat, jadi Anda juga perlu memperhatikan untuk mengenakan dalaman berbahan katun agar tidak panas. Apabila Anda sangat sifon Anda, namun tetap ingin warna kain tetap terjaga, tidak ada salahnya anda mengikuti beberapa tips di bawah ini:
  • Saat pencucian
Apabila Anda mencuci kain/baju sifon, Pilihan terbaik untuk mencucinya adalah dengan merendam busana berbahan sifon tersebut menggunakan air sabun hangat, dan mengucek perlahan.
  • Hindari mencuci dengan menggunakan mesin cuci
Lebih baik anda mencuci kain batik Anda dengan tangan dan cukup dikucek secukupnya, untuk bagian yang terkena noda cukup di gosok-gosok dengan perlahan.
  • Saat penjemuran
Jemur sifon tanpa diperas dengan kuat-kuat terutama bagian-bagian dengan banyak payet atau manic – manik dan dijemur dalam keadaaan terbalik yaitu bagian luar menjadi bagian dalam.  Jika Anda ingin warna sifon Anda tetap terjaga, sifon jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari melainkan dengan diangin – anginkan ditempat yang teduh sampai kering.
  • Jika Terkena Noda Minyak.
Tak perlu repot untuk menghilangkan noda minyak pada baju berbahan sifon. Taburkan saja bedak saat noda masih baru, lalu setelah usai menggunakannya dapat Anda cuci seperti cara di atas.
  • Noda Permen Karet.
Untuk noda akibat permen karet yang menempel,sebaiknya segera gosok bagian permen karet tersebut dengan batu es. Setelah kaku, cabut perlahan menggunakan tangan agar tak merusak kain.
Insyaallah, dengan mengikuti tips diatas sifon kesayangan Anda tetap awet.
Semoga bermanfaat
Arwa (^^)
sumber : sifon online