f-basic-bMungkin ada sebagian dari saudara atau saudari kita yang sering melontarkan pertanyaan kenapa harus berbusana muslimah kok serba longgar, atau mengapa harus memakai jilbab-jilbab dengan ukuran besar, panjang, dan tertutup begitu?, apa tidak panas mengenakan busana muslimah seperti itu? Apa harus berbusana muslimah seperti orang arab? Dan berbagai macam pertanyaan – pertanyaan yang kesemuanya adalah hanya alasan dunia.

Padahal kalau kita mencermati dalil-dalil syar’i dari al-Qur’an dan as-Sunnah maka niscaya akan kita dapati bahwa berbusana muslimah tertutup adalah suatu kewajiban. Dan berbagai model busana gamis muslimah syar’i ini bukanlah harus seperti model-model yang ada di arab, namun haruslah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Namun pada kenyataannya tidaklah kita dapati model-model gamis muslimah ini dari sumber-sumber Negara orang-orang kafir, mungkin kalaupun ada tetaplah harus terdapat modifikasi sehingga pada model gamis muslimah nya tetaplah syar’i dan menutupi perhiasan wanita muslimah.

Dan untuk lebih meyakinkan kita terhadap kewajiban berbusana gamis muslimah yang syar’i ini maka dapat kita sebutkan lima alasan mengapa kita harus berbusana gamis muslimah yang syar’i. Namun lima alasan ini bukanlah pembatasan mengapa kita harus berbusana muslimah syar’i. Karena mungkin masih banyak alasan-alasan lain yang kita belum mengetahui dan menyadarinya. Berikut ini lima alasan mengapa kita harus berbusana muslimah syar’i.

1.    Melaksanakan Syariat Allah Subahanahu Wa Ta’ala

Berbusana muslimah yang menutupi secara sempurna perhiasan muslimah yang harus ditutupi merupakan suf-ssgk327-unguatu kewajiban yang telah ditetapkan dalam syariat Islam. Maka bagi siapa saja yang mengaku sebagai seorang muslim, maka hendaknya mereka melaksnakan kewajiban ini. Diantara keterangan yang menjelasakan berbusana muslimah yang syar’i dan menutupi dengan baik seluruh tubuh wanita muslimah kecuali yang di kecualikan syariat sebagai berikut.

2.   Melindungi Diri

Dengan mengenakan busana gamis syar’i maka secara otomatis seorang wanita muslimah akan melindungi dirinya dari berbagai macam fitnah di luar rumah. Mengingat seorang wanita itu ketika keluar rumah ia akan diikuti dan di hias – hiasi agar terlihat cantik oleh syaiton untuk dapat menimbulkan fitnah bagi lawan jenisnya.

3.  Menjaga Kehormatan

Ketika seorang wanita muslimah mengenakan gamis muslimah dengan model yang syar’i dan mentupi aurat dengan baik, maka dia talah menjaga kehormatannya, kehormatan suaminya, dan kehormatan keluarganya. Hal ini sudahlah hal yang tidak dapat ditolak dengan akal sehat, bahwa setiap wanita muslimah yang tertutup dan tidak mengumbar auratnya ia akan lebih menjaga kehormatannya. Karena setiap yang terbuka, dan setiap apa saja yang di obralkan maka nilainya akan menjadi rendah. Berbeda dengan sesuatu yang eksklusif, tidak semua orang dapat memandangnya dengan bebas, maka ia akan lebih di hormati.

4.  Menyelisihi Wanita f-ssgk323-mint-salemKafir

Dengan seorang muslimah mengenakan busana dan gamis model-model yang tertutup dan syar’i maka ia telah menyelisihi wanita kafir. Karena kebiasan seorang wanita kafir adalah melakukan hal-hal yang haram salah satunya yaitu membuka aurat di mana-mana. Mereka hidup sesuaka hati mereka, tanpa ada merasa beban bahwwa kelak ia akan mati juga, dan kelak pasti akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa saja yang telah ia lakukan dalam hidupnya.

5.  Tidak Menyerupai Laki-Laki

Mengenakan busana gamis muslimah syar’i ini jelas tidak menyerupai pakaian kaum laki-laki. Karena seorang muslimah dilarang memakai busana yang menyerupai laki-laki dan begitu pula laki-laki dilarang mengenakan busana yang menyerupai kaum wanita. Rasulullah melaknat orang yang mengenakan pakaian yang menyerupai lawan jenisnya.

Hendaknya sebagai seorang muslim kita berpelas diri dari kebiasan-kebiasaan buruk seperti itu. Kita yang mengaku beragama Islam harunya memiliki panduan sendiri dan tidak perlu mencontoh orang selain Islam dalam gaya hidup. Cukuplah sudah al-Qur’an dan as-Sunnah yang shahih menjadi pegangan dalam hidup kita, yang telah menjelaskan hal-hal yang umum hingga yang mendetail.

Irma

Sumber : rumahbelanjamuslim