kl-01Bahan Katun
Bahan ini sering menjadi andalan karena sifatnya yang lembut dan halus saat dipakai. Dari sisi kehalusannya katun dibagi menjadi dua yakni Cotton Combed dan Cotton Carded. Cotton Combed memiliki bahan yang lebih halus daripada Cotton Carded yang sedikit lebih kasar. Sifat serat benang yang lebih halus dan hasil rajutan yang rata membuat Cotton Combed lebih lembut. Biasanya pakaian Fashion dengan bahan katun di toko dibedakan dari komposisi katun yang digunakan. Bahan katun 100% akan berharga lebih mahal daripada bahan dengan jenis katun 35% yang digabung dengan jenis bahan lain seperti Polyester. Baju Muslim juga sering menggunakan bahan katun baik dengan campuran bahan lain atau 100% murni katun. Sifatnya yang mudah menyerap keringat, sehingga tidak boleh dibiarkan lama direndam dalam keadaan basah karena dapat merusak bahan. Terlebih lagi jika direndam dengan deterjen, maka pakaian Anda akan semakin cepat rusak. Kain katun juga terkenal mudah kusut, jadi dalam penyimpanannya diusahakan jangan dilipat, melainkan cukup digantung saja.

Bahan sutera
Bahan sutera yang sangat halus dan ringan akan menyajikan sensasi kenyamanan dan kemewahan tingkat tinggi. Dan memang mutu tersebut berbanding dengan harga mahal yang ditawarkan. Bahan linen yang mudah menyerap keringat dan mudah kusut sehingga penggunaannya dalam pakaian biasanya dicampur dengan bahan sutera. Karena harga dan kenyamanan yang mahal didapatkan maka perlu perlakuan khusus untuk merawatnya. Mulai dari cara mencuci dengan menggunakan deterjen khusus, menjemur yang cukup diangin-anginkan saja dan dengan menggunakan setrika dengan derajat panas tertentu agar kain sutera tidak rusak.

Bahan Wol
Bahan wol yang tebal membuat tubuh terasa nyaman dan hangat digunakan dalam cuaca dingin. Pakaian berbahan dasar wol seperti mantel dan baju hangat memiliki sifat menyerap lembab, tahan api dan tidak tembus air serta elastis. Kelebihan yang paling disenangi dari pakaian jenis wol ini adalah tahan lama atau awet. Tren jaket berbahan wol juga dapat dipadukan dengan bahan apa saja. Jaket dan Baju Korea juga sering menggunakan bahan wol untuk menjaga kehangatan sekaligus kesan stylish yang ditampilkan Karena ketebalannya, maka perlu hati-hati untuk merawat bahan wol ini. jika terkena noda sedikit saja, maka akan lebih sulit untuk membersihkannya. Saat menyetrika kain wol, sebaiknya digunakan kain yang lembab di bagian bawah kemudian dimulai dari bagian dalam agar bahan tidak menjadi mengkilap. Jika menyetrika dari bagian luar, baju akan makin melebar dan berubah bentuk sehingga merusak pakaian wol Anda.

#Semoga bermanfaat :)

Susan
#Sumber artikel patmoza