f-gs28PADA ZAMAN MODERN INI, zaman yang mulai kebarat-baratan, banyak remaja muslim yang tampak cuek dengan cara berbusana/berpakaian yang baik. Bahkan sebagian dari mereka merasa malu memakai busana yang islami. Di zaman yang mulai mengikuti orang-orang Barat, kaum muslimah khususnya, kerap kali mengumbar auratnya. Yang semestinya mereka malu karena telah menampakkan kehormatannya kepada orang lain, tetapi sekarang terbalik, malah mereka lebih malu dan merasa ketinggalan zaman jika tidak mengikuti tren zaman sekarang. Meskipun tidak semuanya begitu. Tren dan perubahan zaman memang tidak bisa dihindari dan juga sangat mempengaruhi kalangan remaja muslimah. Banyak juga remaja yang menutupi auratnya dan memakai jilbab atau kerudung. Tetapi sering kali itu belum memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh Islam. Inilah yang membuat kekeliruan, perbincangan dan permasalahan di kalangan remaja sekarang ini.

  • Pengertian Pakaian
    Pakaian adalah barang tertentu untuk menutupi anggota tubuh seseorang dari sengatan matahari dan dinginnya malam dengan memakai baju, celana dll. Definisi pakaian secara singkat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah barang apa yang dipakai (baju, celana, dll.).1) Pengertian pakaian tadi belum sepenuhnya menutupi aurat, baik aurat laki-laki maupun perempuan. Dalam masyarakat jarang sekali kita melihat mereka yang memakai pakaian dengan menutup auratnya, melainkan malah sekedarnya atau asal-asalan saja.
  • Fungsi Pakaian
    Sesungguhnya Allah SWT telah menurunkan pakaian yang baik untuk kita dan pakaian itu memiliki banyak fungsi. Dapat ditemukan fungsi pakaian dalam al-Qur’an dari sekian banyak ayat yang berbicara tentang pakaian. Misalnya, Qs. al-A’raf [7]: 26 yang artinya: “Wahai putra-putri Adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian yang menutup auratmu dan juga (pakaian) bulu (untuk menjadi perhiasan) dan pakaian taqwa yang paling baik.

” semoga bermanfaat untuk kita semua , Terima kasih ”

Susan
Sumber : Artikel etika berbusana muslim