June 2010


Pakaian adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Pakaian adalah barang yang digunakan sehari-hari sebagai penutup aurat, oleh karena itu pakaian menjadi bagian penting di dalam kehiduapn manusia. Dahulu, manusia hanya menggunakan secarik kulit binatang untuk menutupi tubuhnya dan melindungi badannya dari keesktriman cuaca dan alam. Pada perkembangannya, manusia akhirnya bisa membuat kain untuk menjadi bahan bagi penutup tubuhnya secara sempurna. Sekarang manusia tidak hanya menggunakan pakaian sebagai penutup aurat, melainkan juga sebagai bagian dari trend. Setiap tahun dan setiap dekade, trend baju akan selalu berganti dan kita akan mengikuti setiap perubahan itu sebagai bagian dari adaptasi sosial kita. Trend baju biasanya sangat tergantung pada perayaan yang sedang berlangsung. Salah satu model baju yang tak pernah lekang pleh waktu adalah baju muslim.

Keberadaan jenis baju ini lebih berkaitan erat dengan syariah Islam. Setiap muslim atau muslimah diwajibkan untuk menggunakan busana muslim sebagai identitas dan juga sebagai bentuk ketaatannya atas perintah Allah SWT. Model baju jenis ini juga tak banyak berubah walaupun waktu terus berjalan. Setiap laki-laki muslim kebanyakan menggunakan baju koko dengan paduan celana panjang atau sarung sedangkan sang perempuan lebih banyak menggunakan kerudung dengan baju yang berlengan panjang dan celana atau rok panjang. Bentuk  jilbab yang digunakan para muslimah itupun berbeda-beda. Ada kerudung yang hanya berbentuk selendang yang diselempangkan di atas kepala, ada kerudung yang meutupi seluruh rambut, bahkan ada sebagian muslimah yang menggunakan cadar sebagai aksesori tambahan dari kerudung.

Walaupun trend baju muslim tidaklah terlalu variatif, tetapi keberadaan trend ini sangatlah konsisten. Setiap hari perayaan umat muslim seperti Idhul Fitri dan Idhul Adha, trend baju muslim kembali marak dan banyak orang merangsek ke mal-mal dan pasar-pasar untuk membeli baju baru. Berbagai macam dan warna sarung dan jilbab akan sangat laris di pasaran pada masa-masa bulan Ramadhan. Tentu saja, semangat Idhul Fitri bukan saja dimaknai dengan membeli baju muslim baru melainkan semangat untuk memulai suatu kehidupan dan sikap yang lebih baik dari sebelumnya.

Advertisements

Apakah Anda mencari busana Muslim yang trendi namun sederhana? Apakah Anda tahu harus memulainya dari mana? Apa yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan untuk busana Muslim? Artikel ini akan membahas beberapa hal tentang cara berpakaian sopan.

Pertama-tama, Anda harus mengetahui bagaimana cara berpakaian busana Muslim. Pakaian Anda harus panjang, longgar dan tidak transparan. Wanita muslim juga harus menutup kepala mereka dengan jilbab.

Jika Anda memilih untuk memakai baju Muslim tradisional maka Anda dapat memilih untuk memakai abaya panjang (seperti gaun kaftan panjang), yang berasal dari negara Arab. Ada begitu banyak desain yang dapat dipilih, dari hitam klasik dan trendi gaya perkotaan yang lebih condong ke gaya barat. Anda bahkan bisa mendesain busana Muslim Anda sendiri atau Anda mungkin ingin memakai baju muslim tradisional shalwar kameez, yang berasal dari India / Pakistan. Anda dapat memilihnya sesuka hati Anda.

Jika Anda ingin memakai busana Muslim dengan gaya barat, ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih gaun panjang atau rok panjang tanpa lengan atasan atau blus lengan panjang. Anda juga dapat mengenakan gaun panjang yang lebih pendek dengan celana panjang atau celana jeans, ini adalah sebuah tren yang baru-baru ini sangat populer di kalangan dunia mode barat. Sekali lagi, Anda dapat memilih sesuka hati Anda. Kuncinya adalah Anda harus menjadi kreatif mencampur dan mencocokan baju muslim agar Anda terlihat lebih gaya.

Busana Muslim tradisional dan gaya barat dapat diperoleh di banyak toko dan saat ini ada begitu banyak tersedia secara online. Anda hanya butuh sedikit waktu untuk merencanakan baju Muslim Anda.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mencari baju muslim tradisional dan gaya barat terbaru, Kami menyediakan busana muslim dan kerudung terbaru dengan berbagai gaya.

Kini muslimah bisa bereksperimen dengan busana. Menilik perkembangan busana muslim, rasanya pelaku mode Indonesia patut bersyukur. Pasalnya, lini busana yang pada awalnya dipandang rendah serta kental dengan stereotip negatif ini, sekarang menjelma menjadi gaya hidup wanita urban. Busana muslim kini dikenakan berbagai kalangan dan butik-butik busana muslim eksklusif pun bermunculan. Lini ini juga telah dimasukkan dalam agenda pergelaran mode, demi merumuskan tren busana muslim tahunan. Dan banyak muncul butik wanita muncul bernuansa baju muslim. Evolusi pun terjadi. Busana muslim tidak hanya terbatas pada gamis, tunik, dan abaya, tapi semakin meluas. Bentuk-bentuk baru diperkenalkan. Kaftan dan djellaba yang dulu hanya dikenakan penduduk padang pasir, kini menjadi tren baru. Sementara bentukan lama dimodifikasi dengan garis rancang yang lebih kontemporer. Membawa era baru busana muslim yang lebih mudah diterima masyarakat. Salah satu tren busana muslim yang sedang naik daun adalah paduan gaya bohemian dan eklektik yang unik dan sesuaikan dengan jilbab atau kerudung. Gaya bohemian ditandai dengan gaun-gaun panjang longgar dan flowy, serta warna-warna terang seperti yang ditampilkan Musa Widyatmodjo. Unsur eklektik terlihat dari aksesori tradisional. Gaya eklektik bohemian juga dihadirkan Monika Jufry dengan pencampuran berbagai unsur budaya tradisional dan modern yang dikemas dalam gaun panjang warna oranye dan toska. Bermain dalam nuansa warna yang lebih soft, cokelat dan indigo, unsur bohemian dihadirkan Jeny Tjahyawati dalam gaun panjang loose. Sedangkan Feny Mustafa hadir dengan busana panjang motif floral yang ditumpuk dengan jaket dalam nuansa warna putih dan terakota. Kendati gaya bohemian yang erat dengan spirit kebebasan menjadi pilihan gaya busana ini, namun menjadi unik bila diterapkan dengan busana muslim yang erat dengan kaidah agamis. “Dengan memadukan konsep gaya bohemian dan busana muslim, selera pasar diarahkan untuk lebih menonjolkan kebebasan dalam memilih dan mengenakan busana muslim,” ujar Musa. Menurut Musa, gaya bohemian ditandai dengan gaun-gaun panjang longgar. Untuk penampilan yang lebih glamour dipilih warna yang agak cerah. “Sementara unsur eklektik terlihat dari aksesori tradisional,” ujar dia. Dan busana muslim dalam perkembangannya mulai mengalahkan busana yang dulunya tren seperti baju bali, dll. Selanjutnya, tren busana muslimah juga mengarah pada gaya androgyny. Bahkan, gaya ini memiliki karakter kharismatik saat diaplikasikan dalam busana sehari-hari. Anda pun tidak perlu repot membeli serangkaian pakaian baru untuk mewujudkannya. Cukup berkreasi dengan busana yang sudah Anda miliki. Yang penting, ada garis maskulin dalam total look Anda. Gaya ini diperlihatkan desainer Anne Rufaidah. Desainer yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu menawarkan gaya androgyny melalui penggunaan long coat. Dilihat sekilas, koleksinya memang tampak feminin, namun sebenarnya mantel yang panjang hingga mencapai mata kaki itu merupakan busana luar para pria Eropa masa lalu. Dengan fasih, Anne memadukan long coat bersama gamis berwarna senada agar kesan anggun tidak langsung menghilang. Adapun citra maskulin hadir melalui garis rancangan yang tegas, bersih, dan minim detail.

busana muslim bukan lagi busana yang kampungan dan memalukan. Berbagai desain dan gaya senantiasa dirilis para desainer ternama khusus segmen ini. Bahkan desainer top internasional telah meliriknya sebagai pangsa pasar yang menjanjikan.

busana muslim dengan gaya berkerudung pun tak lagi sekedar kain yang menjuntai dengan ujung meruncing di tengah belakang dan depan layaknya murid pesantren, namun sangat bervariasi dan kreatif. Ini adalah hasil kerjanya para desainer  baju muslim dan pengolah gaya dan kreasi yang tak pernah bisa stagnan. Secara umum ini sangat membantu para hijaber untuk memiliki gaya yang tidak ‘biasa-biasa’ saja.

Tetapi, apakah kita akan menelan bulat-bulat semua gaya yang disodorkan para pengolah gaya itu? Meniru mentah-mentah gaya kerudung inneke koesherawati atau zaskia mecca, misalnya? Tak salah memang kalau anda ingin menirunya. Tetapi menurut saya, setiap orang punya gaya dan pribadi yang berbeda dan unik… Jadi, alangkah indahnya jika kita memiliki gaya sendiri hasil ‘coba’ dan ‘uji’ imajinasi kita sendiri. Tak ada kesulitan yang berarti di sana. Saya adalah salah seorang yang independen dalam berbusana dan sangat tidak tertarik meniru gaya orang lain. Alhasil, saya sering tampil dengan gaya yang berbeda dari orang kebanyakan. Tidak terlalu fantastis sih, karena saya memang cenderung minimalis. Tetapi, setidaknya saya menjadi wakil bagi diri saya sendiri.

Berikut adalah tips anggun berbusana muslim sesuai kepribadian :

1. Pilihlah warna dan motif  baju muslim yang tidak mencolok mata. Busana yang tidak terlalu banyak detil dan motif akan nampak lebih anggun dan elegan dalam berbagai suasana.

2. Akan lebih menarik dan berkelas jika ‘center piece’ kita fokuskan pada jilbab atau kerudung. Di mana kita bisa mendandani daerah ini dengan menyematkan beberapa bros atau manik-manik yang serasi.

3. Untuk menciptakan gaya kerudung dan trend busana muslim yang indah, unik dan tidak seragam dengan orang di luar nanti… Sering-seringlah menyempatkan diri mengkreasi berbagai gaya di depan cermin. Tak ada aturan khusus dalam hal membuat gaya. Hanya satu yang tak boleh diabaikan : bahwa leher dan kuping sepantasnya tetap tertutup.

4. Sekali-kali cobalah gaya syal melilit menggunakan kerudung lain yang senada warnanya atau pun berbeda agar busana muslim semakin terlihat, namun tetap harmonis dan terlihat. Jadi, tak harus selalu menyelempangkan selendang seperti gaya ‘bunda’ ketika menghadiri sebuah acara.

5. Usahakan mengenakan sandal atau sepatu yang serasi dan saling mendukung dengan warna busana atau pun tas. Tampil cantik dan serasi tak harus dalam warna yang monoton. Berbeda warna boleh-boleh saja asal tetap ‘match’.

6. Sekarang, tataplah wajah anda di cermin, sudahkah gaya dan dandanan anda seperti yang anda inginkan? Ingat, jangan pernah ingin menjadi seperti orang lain. Be your self!

Jilbab atau kerudung adalah sehelai kain berbentuk persegi yang bisa di kreasikan menjadi bentuk yang unik atau sehelai kain yang sudah di jahit sedemikian rupa sehingga dapat menutup aurat.Memakai jilbab ini tidak serta merta memakai penutup kepala saja tetapi bagian tubuh yang lain harus ditutup juga dengan memakai busana yang rapi, agak longgar, dan sopan yang biasa disebut dengan Busana Muslim. Saat ini, busana tersebut sudah banyak di modifikasi menjadi model baju muslim yang lebih moderen dan nyaman di pakai kemana dan acara apa pun juga.

adapun keuntungan memakai busana muslim ini adalah :
Mendapat Pahala pastinya.
Terlindung dari sinar UV yang semakin lama semakin buruk karena berlubangnya lapisan ozon yang melindungi bumi.
Terhindar dari kanker kulit yang mengerikan itu.
Melindungi rambut supaya tidak rusak dan pecah-pecah, tapi kalo rusak karena ga di rawat siyh wajar aja. Setidaknya rambut terlindungi dari sinar matahari langsung.
Kulit menjadi keliatan lebih cerah alias agak putihan, walaupun ga seputih orang bule pan kita orang asia jadi wajarlah kalo putihnya ga kaya orang bule.
Orang Bule or orang sini juga ada yang pake baju yang minim alias kurang bahan gitu so’ ketho aurat e. malah ada yang secara tidak sengaja terbuka sendiri di bagian yang fatal. objek yang sering di jadikan adalah… tau dong apa yang sering di umbar orang-orang seperti ini heheh.. “balloon at women body”. tapi ada juga yang sengaja mengumbar objek tersebut didepan semua orang hanya ingin mendapatkan sensasi. Nah, baju muslim ini adalah solusi bagi orang yang suka memakai baju yang minim dan mengumbar “balloon” tersebut agar terhindar dari hal-hal tersebut di atas.
Terhindar dari tangan-tangan jahil yang iseng karena baju muslim ini dapat menutupi lekuk tubuh wanita dengan satu syarat bahwa busana yang dipakai longgar, kalo ketat atau membentuk tubuh mah sama aja bohong sukur-sukur kalo bentuk tubuhnya menarik kalo ga yah mirip lepet.
Orang yang berniat jahil atau tidak berniat jahil itu terkadang mengucapkan “Assalamu’alaikum bu Haji”. Keuntungan juga kan buat para wanita soalnya orang itu udah mendo’akan kita secara tidak langsung.
Terhindar dari omongan yang buruk. Sebagian wanita hanya memakai busana muslim ini hanya untuk tameng buat perbuatan mereka yang buruk. Ehmmm… tapi setidaknya mereka sudah mau menutup auratnya walaupun tidak seutuhnya niat memakainya.
Wanita berbusana muslim akan terlihat lebih cantik di banding orang yang tidak memakainya.

Banyak juga yah keuntungannya bahkan mungkin lebih banyak lagi

Panduan ringan bagi anda dalam memilih busana muslim.

Memenuhi syarat
Bila judulnya saja sudah Berkaitan dengan busana muslimah , sudah pasti harus memenuhi kaidah yang disyaratkan dalam Islam. Perhatikan panjangnya yang harus menutupi seluruh aurat, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, kecuali telapak tangan dan wajah. Pilih juga yang bahan baju muslim atau busana muslim tidak terlalu tipis agar tidak tembus pandang, serta tidak terlalu ketat sehingga lekuk kurva tidak menonjol.

Sesuaikah?
Busana muslim atau baju muslim kini tidak lagi terbatas modelnya. Tren busana muslim nan cantik dengan payet dan mote kerap menawan hati. Tapi jangan gelap mata hanya karena apiknya busana tersebut. Kalau busana yang Anda butuhkan adalah busana rumah, carilah yang simple. Hal ini berbeda lagi bila Anda mencari busana muslimah untuk kerja atau pesta. Untuk busana kerja, pilih warna lembut dan netral.

Nyaman
Bahan mewah untuk busana pesta bukan berarti pilihan jatuh pada bahan yang tebal dan panas.

Mainkan warnanya
Busana muslim yang hanya terdiri dari warna-warna dasar, seperti hitam, coklat ataupun biru gelap? Maaf saja, tapi itu sudah out of date. Jangan ragu untuk memilih warna cerah atau sedikit bereksperimen dengan perpaduan warna busana muslim dan jilbab, lihat disni http://rumahmadani.com/ .

Kerudung
Untuk pilihan kerudung, kenakan hanya yang satu warna alias polos bila Anda mengenakan busana dari bahan bergaris atau corak, pilih yang berbahan tipis dan jatuh. Pilihan model kerudung pun kini beragam seperti yang ada di Toko Baju Grosir, Anda hanya tinggal memilih yang sesuai dengan busana. ‘kepang’, model ‘lilit’, sampai yang model ‘tumpuk’ akan semakin membuat penampilan Anda cantik.

Memilih untuk ber busana muslim bukan berarti tak bisa ikut tampil modis dan menarik. Kami berikan panduannya:

WAJAH
Kerudung membuat frame wajah menyempit karena rambut yang tadinya jadi penyeimbang wajah kini tak ada lagi. Siasati dengan pemilihan warna kerudung berwarna polos, seperti hitam, coklat, atau putih. Ketika ke toko kerudung atau toko jilbab mungkin banyak pilihan. Untuk gaya riasan, hindari membentuk alis dengan garis yang tegas dan tebal karena cara ini justru bisa ‘mempersempit’ wajah.

RAMBUT
Rambut yang terus-menerus ditutupi kerudung (kerudung muslimah/jilbab muslimah) biasanya jadi mudah rontok dan gampang berminyak akibat sirkulasi udara di kulit kepala kurang lancar. Untuk mengatasinya, Anda perlu memberi perhatian lebih pada mahkota tersebut. Bisa juga dengan browsing jilbab online, kerudung online. Karena biasanya juga ada tips di sana.

Cucilah rambut setiap hari dengan sampo yang ringan lalu berikan conditioner di bagian ujung rambut serta tonik rambut untuk mencegah kerontokan. Setiap ada kesempatan, bukalah jilbab (jilbab muslim, kerudung muslim tsb) lalu angin-anginkan kulit kepala. Lakukan perawatan rambut di salon minimal seminggu sekali.

BUSANA
Seiring banyaknya pengguna busana muslim, kini tak sulit lagi mencari busana yang modern dan chic, termasuk tentunya jilbab muslimah, kerudung muslimah. bahkan mengikuti tren. Untuk pakaian kerja, sebenarnya pakaian formal yang biasa dipakai untuk ke kantor bisa dikenakan sebagai busana muslim. Tinggal pilih yang sesuai kaidah saja, misalnya rok panjang, kerah menutup leher, dan sebagainya. Pilihlah jilbab muslim, kerudung muslim yang sewajarnya. Karena banyak juga kerudung/jilbab yang menyalahi kaidah. Pilih warna kerudung yang senada. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan beragam vest, cropped jacket, serta aksesori.

Next Page »