TIDAK bisa dimungkiri, musik dan mode memiliki kedekatan tersendiri. Musik memengaruhi mode dan begitu pula sebaliknya.

Busana muslim tidaklah lengkap tanpa jilbab. Bahkan, aksesori ini menjadi bagian terpenting dalam menciptakan penampilan yang berbeda. Seperti busana, mengenakan jilbab pun punya trik tersendiri, seperti apa?

Melihat seorang muslimah yang mengenakan busananya dengan baik, tentulah memberikan perasaan yang teduh dan damai. Terlebih saat digunakan bersama padanan jilbab yang menawan. Sekarang ini jilbab maupun kerudung bukan lagi sekadar penutup kepala, melainkan bagian dari mode berbusana muslim itu sendiri. Karenanya, cara penggunaannya pun semakin beragam.

Coba saja tengok gaya Inneke Koesherawati maupun Okky Asokawati saat mengenakan jilbab. Padanannya yang serasi dengan baju muslim, menjadikan penampilan semakin cantik. Namun, tak perlu khawatir, Anda pun bisa jadi secantik mereka.
Caranya pun tidak sulit, cukup menggunakan teknik padu padan sederhana untuk menjadikan penampilan Anda semakin menawan.

Jurus pertama, siapkanlah beberapa jilbab dalam warna natural, layaknya putih, hitam, coklat. Sebagai tambahan, sediakan juga jilbab dalam warna dan corak semarak, semisal merah, kuning maupun motif floral ceria. Hal ini akan membantu Anda menyiasati keserasian jilbab dengan busana yang akan dikenakan.

Bahan jilbab atau kerudung pun harus dipertimbangkan. Sekarang ini, banyak tersedia jilbab praktis dari bahan kaus, lycra, linen, maupun poliester, selain kain yang semakin memudahkan Anda berkreasi dengan jilbab. Jangan lupa siapkan juga aksesori lain yang dapat mempermanis penampilan, seperti bros, jepit, juga jarum pentul dan peniti untuk memperkuat letak jilbab.

Tahap selanjutnya membutuhkan imajinasi dan kreativitas Anda. Bila merasa tidak memiliki ide brilian, contek saja majalah mode yang banyak menawarkan bentuk jilbab kreasi nan cantik, dan mulailah berkarya. Sulit melakukannya? Tidak masalah, di bawah ini tersedia beberapa panduan gaya sederhana yang bisa Anda ikuti.

1. Gaya Kasual

Gaya ini tidak menuntut Anda berkreasi berlebihan. Bahkan, tekniknya tergolong sangat mudah karena ditujukan untuk penggunaan sehari-hari. Jika yang menjadi pilihan Anda adalah kerudung kain, maka Anda bisa membentuk layaknya gaya bohemian masyarakat gipsy. Sisanya, bisa dibuat serupa pita atau dibiarkan menggantung di sisi leher sehingga menyerupai scarf. Lainnya, Anda bisa menambahkan jepit di bagian belakang layaknya bentuk ikat ekor kuda.

2. Gaya Sportif

Teknik ini lebih mudah dilakukan bila menggunakan kerudung berbahan kaus. Anda hanya tinggal menarik dan mengumpulkannya di belakang tengkuk, lalu menjepitnya dengan bros ataupun peniti sehingga bagian leher tidak menggembung. Sebagai aksesori, tambahkan lilitan kain maupun bandana dengan motif seru untuk mempercantik penampilan.

Alternatif lain, tambahkan kapucon di atas jilbab untuk memberikan sentuhan gaya jilbab terkini. Gaya ini terlihat simpel, bahkan cenderung funky, yang menghadirkan kesan dinamis secara praktis.

3. Gaya Feminin

Di sini Anda dituntut untuk sedikit berkreasi. Gunakan kerudung kaus polos sebagai dasar, hanya sisa jilbab dikumpulkan di sisi leher dan ditahan menggunakan peniti. Selanjutnya, ambil kerudung kain bermotif dan bentuk segitiga. Bentuk menjadi jilbab ala gipsy, namun pertemukan sisanya dengan jilbab kaus tadi. Satukan keduanya dan bentuk serupa korsase dengan cara melilitkannya. Sematkan jarum pentul sebagai penguat, untuk sentuhan terakhir tambahkan bros cantik ataupun jepit berhias permata.

4. Gaya Glamor

Pada gaya ini, unsur payet memegang peranan penting untuk menghadirkan kesan mewah. Namun ingat, sesuaikan juga dengan busana Anda. Jangan sampai terkesan berlebihan dengan taburan payet di seluruh bagian busana.

Pilih jilbab dengan detail payet yang terpusat di satu bagian saja, seperti di sisi ataupun bagian depan. Anda juga bisa memadukannya dengan jilbab yang berhiaskan bordir. Detail tersebut justru semakin menegaskan kesan feminin.

Sebagai aksen, Anda dapat membuat bentuk bunga atau pita di sisi leher dengan bantuan bros. Pilihan lainnya, gabungkan kerudung dasar tadi dengan selendang panjang berumbai yang dililit dan ditumpukkan di atasnya. Bila ingin praktis, tambahkan saja sehelai pashmina dan kenakan secara simpel untuk memberi sentuhan yang berbeda.

(Koran SI/Koran SI/tty)

About these ads